BI 7-DAY RR RATE TERUS DISOSIALISASIKAN

Kredit Bermasalah di Sumbar Masih Tinggi


Kamis, 08 September 2016 - 03:00:22 WIB
Kredit Bermasalah di Sumbar Masih Tinggi KEPALA Perwakilan (Kpw) Bank Indonesia Wilayah Sumatera Barat Puji Atmoko, memberikan keterangan kepada wartawan, saat jumpa pers tentang kebijakan moneter terkini Bank Indonesia serta perkembangan terkini perekonomian dan perbankan di Sumbar, Rabu (7/9). (ATVIARNI)

PADANG, HALUAN — Kon­­disi perbankan di Sum­bar saat ini mengalami per­lambatan bahwa cenderung terjadi penurunan kualitas kredit. Tidak saja kredit umum, namun juga kredit Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM). Akibatnya, terjadi peningkatan kredit bermasalah (non performing loan/NPL).

Menurut Kepala Per­wa­ki­lan (Kpw) Bank Indonesia Wilayah Sumatera Barat Puji Atmoko kepada wartawan, di salah satu restoran di Pa­dang, Rabu (7/9), Kredit UMKM perbankan di Sumbar hingga posisi Juli 2016, berada di posisi 7,6 persen (year on year/ yoy). Jauh di atas toleransi BI sebesar 5 persen. Sedangkan pertumbuhan kredit UMKM hing­ga Juli 2016 berada di posisi 3,4 persen (yoy).

“Untuk kredit perbankan secara umum, NPL nya masih berada di kisaran 3,8 persen (yoy) pada posisi Juli 2016. Sedangkan pertumbuhan kreditnya tercatat di angka 7,6 persen,” ungkap Puji.

Melihat kondisi itu, tambah Puji berarti pelaku usaha UMKM Sumbar tidak begitu tangguh dan masih butuh bantuan agar mereka bisa membayar kewajibannya ke bank (membayar kreditnya).

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 22 September 2020 - 12:03:16 WIB

    Bank Nagari Perkuat Bantalan Mitigasi Risiko Kredit di Tengah Dampak Pandemi Covid-19

    Bank Nagari Perkuat Bantalan Mitigasi Risiko Kredit di Tengah Dampak Pandemi Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Tahun ini, Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN) Bank Nagari, naik dua kali lipat dibanding  tahun sebelumnya. Tahun lalu CKPN Bank Nagari hanya Rp92 miliar. Namun tahun ini naik menjadi Rp215 miliar..
  • Selasa, 15 September 2020 - 12:10:23 WIB

    Kredit Macet, Emiten Perbankan Alami Kenaikan NPL

    Kredit Macet, Emiten Perbankan Alami Kenaikan NPL HARIANHALUAN.COM - Non performing loan (NPL) adalah perbandingan kredit yang tidak dapat dikembalikan oleh debitur alias kredit macet, dengan total kredit yang disalurkan bank ke masyarakat..
  • Senin, 07 September 2020 - 14:20:50 WIB

    Awas! Jangan Klik Link dari Email Ini, Atau Kartu Kredit Dibobol

    Awas! Jangan Klik Link dari Email Ini, Atau Kartu Kredit Dibobol HARIANHALUAN.COM - Dalam tiga hingga empat bulan terakhir ada pola baru pencurian data dan pembobolan kartu kredit. Skemanya, korban mendapatkan notifikasi dan email yang menyatakan telah terjadi transaksi dengan nominal besa.
  • Jumat, 04 September 2020 - 16:50:23 WIB

    Jangan Lengah! Ini Modus Baru Pembobolan Kartu Kredit

    Jangan Lengah! Ini Modus Baru Pembobolan Kartu Kredit HARIANHALUAN.COM - Bagi kamu yang pemilik kartu kredit tetap tenang dan tak perlu panik bila mendapatkan notifikasi atau email soal transaksi yang tak pernah dilakukan. Karena bisa saja itu adalah modus baru pencurian data da.
  • Jumat, 28 Agustus 2020 - 16:13:10 WIB

    Jokowi Bagi-bagi Kredit Lunak Bunga 0%, Begini Cara Mendapatkannya...

    Jokowi Bagi-bagi Kredit Lunak Bunga 0%, Begini Cara Mendapatkannya... HARIANHALUAN.COM - Para pelaku usaha mikro kecil dipastikan akan kembali mendapatkan bala bantuan dari pemerintah. Setelah hibah senilai Rp 2,4 juta dalam bentuk bantuan presiden, nantinya para pelaku usaha akan mendapatkan k.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]