Membangun Perekonomian Nagari


Jumat, 09 September 2016 - 02:04:01 WIB

Nagari atau desa identik dengan perma­salahan. Masalah jalan buruk, irigasi, fasilitas umum, sumber daya manusia, lapangan kerja, kemiskinan dan lainnya.

Semua permasalahan tersebut baik se­cara langsung maupun tidak langsung ber­kaitan dengan perekonomian dan kese­jah­te­raan. Kondisi jalan yang buruk mem­buat pe­tani sulit membawa hasil panennya ke pa­sar.  Jika irigasi tidak ada, maka petani sawah akan kesulitan air untuk mengairi sawah mereka. Kondisi ini akan berdampak tak maksimalnya hasil panen.

Nagari atau desa juga identik dengan keterbatasan sumber daya manusia. Kendati putra-putri nagari tersebut sudah banyak yang menamatkan pendidikan di perguruan tinggi, namun mereka mencari kerja ke kota. Alasannya, lapangan kerja di nagari/desa hanya bertumbuh pada pertanian, sementara lahan terbatas.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:24:15 WIB

    Urgensi Membangun Generasi Emas Sejak Dini

    Urgensi Membangun Generasi Emas Sejak Dini Perkembangan maupun keberhasilan suatu negara atau daerah tidak hanya dapat diukur dari perkembangan ekonomi, tapi juga berdasarkan indeks kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) atau Human Development Index (HDI). Kualitas SDM In.
  • Selasa, 27 September 2016 - 02:39:08 WIB

    Membangun Ekonomi Desa/Nagari

    Masyarakat desa yang selalu diper­sep­sikan sebagai masyarakat yang udik, miskin, kolot dan tidak maju harus segera dihapus. Desa memiliki potensi ekonomi, terutama di sektor pertanian. Desa harus kita bangun. Masyarakat de.
  • Kamis, 11 Agustus 2016 - 04:16:29 WIB

    Bersama Membangun Nagari

    Bersama Membangun Nagari DENGAN banyaknya laki-laki pergi merantau dari bumi Minangkabau ke manapun di gugusan Nusantara dan bahkan ke berbagai pelosok dunia ini, Nagari-nagari asal di Minangkabau dan Sumatera Barat khususnya banyak yang tak tergabah.
  • Senin, 01 Agustus 2016 - 03:45:36 WIB

    Membangun, Jangan Latah

    Pelaksanaan pembangunan harus dilakukan dengan prinsip pendekatan terintegrasi hingga holistik-tematik. Jika tak dilakukan dengan target dari program pembangunan tidak akan bisa dicapai jika masing-masing stakeholder berjalan.
  • Jumat, 29 April 2016 - 03:55:56 WIB

    Mari Membangun Mentawai

    Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah salah satu dari tiga daerah yang masih berstatus tertinggal di Sumatera Barat. Dua daerah lainnya yang masih tertinggal adalah Kabupaten Solok Selatan dan Pasaman Barat..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]