Membangun Perekonomian Nagari


Jumat, 09 September 2016 - 02:04:01 WIB
Membangun Perekonomian Nagari
Permasalahan-permasalahan tersebut antara lain yang menyebabkan terjadinya terjadinya kemiskinan. Data terakhir, jumlah penduduk miskin di Indonesia mencapai 28,5 juta jiwa, 17,9 juta di antaranya adalah masyarakat yang tinggal di desa.

Sulitnya lapangan kerja di desa membuat sarjana mencari peruntungan di kota. Maka terjadilah urbanisasi. Penduduk desa pindah ke kota. Urbanisasi adalah masalah yang cukup serius bagi kita.

Baca Juga : Prabowo dan Habib Rizieq

Langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi besarnya arus urbanisasi ini tentulah dengan membangun nagari/desa.

Alhamdulilah, pemerintah sudah menganggarkan dana untuk nagari/desa sejak dua tahun belakangan yang diku­curkan secara bertahap. Tiap nagari/desa tahun 2015 memperoleh Rp300 juta, kemu­dian naik 100 persen pada tahun 2016 menjadi Rp600 juta.

Baca Juga : Catatan Akhir Tahun (4): Selamat Tinggal Tahun Kelam

Dana tersebut digunakan untuk pemba­ngunan infrastruktur seperti jalan dan irigasi yang menjadi landasan untuk pembangunan perekonomian anak nagari/desa.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengarahkan supaya ADD ini digunakan untuk proyek yang berdampak kepada peningkatan pereko­nomian masyarakat nagari/desa.

Baca Juga : Catatan Akhir Tahun (2): Kita Sungguh Perlu Bersatu

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 04 Januari 2021 - 09:37:20 WIB

    Prabowo dan Habib Rizieq

    Prabowo dan Habib Rizieq Partai Gerindra sungguh seperti berkayuh di antara dua karang dalam bersikap terhadap kasus yang dialami Habib Rizieq Sihab (HRS), Ormas dan pengikutnya sekarang ini. .
  • Kamis, 31 Desember 2020 - 20:46:02 WIB

    Catatan Akhir Tahun (4): Selamat Tinggal Tahun Kelam

    Catatan Akhir Tahun (4): Selamat Tinggal Tahun Kelam TAHUN 2020 segera akan berakhir. Tahun 2021 segera akan tiba. "Selamat tinggal tahun 2020. Selamat tinggal tahun kelam. Selamat tinggal tahun yang penuh dengan kepahitan hidup. .
  • Senin, 28 Desember 2020 - 14:48:33 WIB

    Catatan Akhir Tahun (2): Kita Sungguh Perlu Bersatu

    Catatan Akhir Tahun (2): Kita Sungguh Perlu Bersatu DARI pengalaman kita selama di tahun 2020 yang nyaris tak berhenti hidup dalam pertengkaran, hidup dalam perseteruan politik dan hukum yang berkepanjangan, sudah selayaknyalah kita mengubah pola hidup begini kepada pola hidup.
  • Ahad, 27 Desember 2020 - 21:15:22 WIB

    Catatan Akhir Tahun(1) : Ekonomi Menyedihkan

    Catatan Akhir Tahun(1) : Ekonomi Menyedihkan Begitu wabah Corona atau Covid-19 dinyatakan mewabah di Indonesia pada bulan Maret lalu, ekonomi langsung anjlok, karena kegiatan pasar langsung stagnan tiba-tiba. Pasar banyak yang ditutup. Mulai dari kegiatan pedagang kaki .
  • Jumat, 25 Desember 2020 - 13:51:03 WIB

    Pendukung Sandiaga Uno: Di Sana Engkau Tersenyum, di Sini Kami Menangis

    Pendukung Sandiaga Uno: Di Sana Engkau Tersenyum, di Sini Kami Menangis Sebagaimana kita ketahui, mantan Calon Wakil Presiden(Cawapres) Sandiaga Uno baru saja dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) bersama 5 orang Menteri lainnya, hasil reshuffl.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]