Penyusunan SOPD Disesuaikan Tipologi Daerah


Jumat, 09 September 2016 - 02:14:13 WIB
Penyusunan SOPD  Disesuaikan Tipologi Daerah Usai penyampaian nota jawabab atas pandangan umum fraksi terhadap Ranperda SOPD, Bupati Irfendi Arbi serahkan nota penyampaian SOPD kepada Ketua DPRD Safaruddin, di dampingi Wakil Ketua DPRD, Deni Asra. (ZUL)

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Bupati Lima­puluh Kota, Irfendi Arbi menegaskan, kebutuhan bidang dan seksi pada pe­rangkat daerah disesuaikan dengan tipologi perangkat daerah. Ranperda ini tentu sudah melalui analisis cost and benefit (biaya dan keun­tungan keuangan), berda­sarkan seluruh indikator hasil sistem fasilitasi peme­taan urusan yang dikem­bangkan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Penyusunan Ranperda tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah telah sesuai dengan pera­turan pemerintah Nomor 18 tahun 2016 dan kondisi riil daerah Limapuluh Kota dan diparalelkan dengan pem­bahasan KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2017,” ungkap Irfendi Arbi dalam jawabannya atas pandangan umum fraksi, dalam Rapat Paripurna DPRD, Kamis (8/9).

Dikatakannya, Peme­taan urusan pemerintahan telah dituangkan dalam penjelasan (kajian aka­de­mis) ranperda ini. Sedang­kan kebutuhan bidang dan seksi pada perangkat daerah disesuaikan dengan tipelogi perangkat daerah. Ranperda ini tentu sudah melalui analisis cost and benefit (biaya dan keuntungan keu­angan), berdasarkan seluruh indikator hasil sistem fa­silitasi pemetaan urusan yang dikembangkan oleh kementerian dalam negeri.

Disamping itu, penga­juan Ranperda ini juga telah mempertimbangkan visi dan misi kepala daerah yang telah dituangkan dalam RPJM 2016-2021. Dengan tipelogi perangkat daerah sudah merupakan hasil analisis berbasis PP 18 tahun 2016. “Sedangkan jumlah jabatan struktural secara normatif tidak me­ngalami perbedaan yang signifikan dengan OPD yang lama dan penempatan pejabat disesuaikan dengan kompetensi keahlian yang mengacu kepada UU No­mor 5 tahun 2014 tentang ASN,” ujarnya. 


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 02 Agustus 2016 - 16:03:48 WIB

    Penyusunan APBD 2017 Disosialisasikan di Sawahlunto

    Penyusunan APBD 2017 Disosialisasikan di Sawahlunto SAWAHLUNTO, HALUAN -- Meski tidak ‘diharamkan’ untuk melakukan pemberian hibah dan bantuan sosial, namun pemerintah daerah diminta lebih memprioritaskan urusan wajib dan urusan pilihan, dalam penyusunan anggaran belanja d.
  • Selasa, 17 Mei 2016 - 15:54:27 WIB
    Diduga Copy Paste dari Daerah Lain

    Bupati Pasaman Bilang Tim Teknis Penyusunan RPJMD tak Profesional

    Bupati Pasaman Bilang Tim Teknis Penyusunan RPJMD tak Profesional PASAMAN, HALUAN – Saat melakukan sidak di Badan Pembangunan Daerah Kabupaten Pasaman, Selasa (17/5), Bupati Pasaman Yusuf Lubis juga mempertanyakan sudah sejauh mana kelanjutan penyusunan draft RPJMD 2016-2021 yang sempat m.
  • Selasa, 19 April 2016 - 03:14:08 WIB

    Bukittinggi Terbaik III Penyusunan RKPD 2016

    BUKITTINGGI, HALUAN — Kota Bukittinggi terpilih sebagai terbaik ketiga dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2016..
  • Selasa, 29 Maret 2016 - 13:50:27 WIB

    Aparatur Pemko Sosialisasi Penyusunan APBD

    BUKITTINGGI, HALUAN — Aparatur Pemerintahan di lingkungan Pemko Bu­kittinggi mengikuti sosia­lisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) proses penyu­su­nan APBD dan penajaman ketentuan Pasal 298 ayat 5 UU Nomor 23 tahun 2014,.
  • Rabu, 23 Maret 2016 - 03:35:04 WIB

    Dharmasraya Penyusunan RKPD Terbaik

    Dharmasraya Penyusunan RKPD Terbaik DHARMASRAYA, HALUAN — Kabu­paten Dharmasraya, ma­suk nominasi kabupaten dengan penyusun RKPD terbaik tingkat provinsi Sum­bar tahun 2016. Hal tersebut di­katakan Sekda Kab Dharmasraya, Benny Mukh­tar kepada Haluan, di .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]