Tanah Datar Susun Perda Menaiki Istano Basa Pagaruyung


Jumat, 09 September 2016 - 02:21:59 WIB
Tanah Datar Susun Perda Menaiki Istano Basa Pagaruyung Saat ini Pemerintah Kabupaten Tanah Datar berencana membuat Perda tentang adat menaiki Istano Basa Pagaruyung, yang bertujuan untuk mengenalkan lagi tradisi di Istano ini. Terlihat Istano Basa Pagaruyung yang selalu dikunjungi pengunjung.

TANAH DATAR, HALUAN—Pemerintah Kabupaten Tanah Datar berencana menyusun peraturan daerah (Perda) tentang adat me­masuki Istano Basa Pagaruyung. Tujuannya, pengunjung yang datang akan dikenalkan dengan tradisi yang berlangsung di Istano tersebut, baik cara berpakaian, cara makan dan lainnya.

Kepala Dinas Ke­bu­da­ya­­an, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Tanah Datar, Mar­wan kepada Haluan, Kamis (8/9) mengatakan, di tahun 2017 pihaknya me­ren­­cana­kan Perda ini sudah ter­bentuk.

“Kepada para pe­ngun­jung termasuk turis man­ca­negara nanti diminta me­ma­kai pakaian adat Minang­kabau. Mereka bisa tahu filosofi apa yang ter­kan­dung dalam warna merah yang menjadi kebanggaan pakaian di Minangkabau dan filosofi tradisi yang kita jalani lain­nya,” terang Mar­wan.

Ia mengatakan, sewaktu menyambut kehadiran Wa­kil Presiden HM Jusuf Kalla di Istano Basa Pagaruyung, Selasa (7/9) lalu, pihak Istano menjamu dengan 75 jamba yang berasal dari seluruh nagari di Luhak Nan Tuo ini. Dari 75 jamba, 15 jamba di antaranya me­ru­pakan hi­dangan untuk tamu VIP yaitu Wapres bersama istri dan para rom­bongan­nya.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]