Sabtu Hari Libur Nasional, Guru Khawatirkan Akan Pulang Lebih Lama


Sabtu, 10 September 2016 - 03:54:41 WIB

PADANG, HALUAN—Terkait gagasan Men­teri Pendidikan Dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy yang menjadikan hari Sabtu dan Minggu menjadi hari libur sekolah na­sional, mendapat tanggapan beragam dari sejumlah sekolah di Kota Padang, Jumat (9/9).

Guru SMPN 16 Ar­ti­mah menilai dengan ke­bijakan ini, pihak sekolah akan kesulitan jika me­ngatur jadwal belajar dan ekstrakulikuler siswa jika wacana itu diberlakukan.

“Kami bisa seharian di sekolah jika itu diber­laku­kan, sekarang saja kami sudah pukul tiga siang pu­lang dari sekolah,” ujarnya, Jumat (9/9).

Lanjutnya, jika ini diber­lakukan maka akan ada pe­nambahan jam pada hari Senin hingga Jumat.

Hal yang berbeda di­sam­­paikan oleh Sri Mulyani Guru SDN 04, yang me­nyam­pai­kan kata setuju jika wacana ini ditetapkan oleh peme­rintah.

Pasalnya akan banyak waktu bagi orang tua dan anaknya untuk ber­kumpul dalam keluarga. Hal senada juga disampaikan oleh Has­bi siswa SMPN 16, yang me­nyatakan kegem­bira­anya jika hari libur di tambah satu hari lagi dalam satu minggu.

Sementara itu, Kepala SMAN 13 Padang Az­war­man, mengatakan setiap atu­ran atau keputusan yang dibuat oleh pemerintah pasti bertujuan untuk memajukan dunia pendidikan dan pihak sekolah.

Jadi, selaku kepala seko­lah yang merupakan bawa­han dari Menteri Pen­di­dikan hanya bisa melak­sanakan perintah jika itu telah di­tetapkan.

“Kami pihak sekolah akan menjalankan semua keputusan yang telah dite­tapkan,” tuturnya.

Lanjutnya, hanya saja pemerintah harus memi­kir­kan dampak positif dan dam­pak negatifnya. Jika dampak positifnya lebih besar, maka pihak sekolah akan me­nyu­tujui wacana tersebut, tetapi jika dam­pak negatifnya lebih be­sar, pihak sekolah akan me­nolak ke­bijakan terse­but.

Sebelumnya Men­dik­bud Muhadjir berasalan, libur hari Sabtu dan Ming­gu dapat memberi kesem­patan kepada siswa yang ingin menikmati waktu ber­kum­pul bersama ke­luarga.

Sekaligus juga menjadi ajang siswa mengem­bang­kan bakat minat mereka dengan bergabung dalam organisasi. Wacana soal libur hari Sabtu dan Ming­gu, kata Muhadjir, meru­pakan bagian dari ren­cana penerapan sekolah de­ngan pendidikan karakter. (h/mg-rul)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 29 Desember 2017 - 09:54:28 WIB

    Permintaan Paspor Tinggi, Kantor Imigrasi Tetap Buka di Hari Sabtu

    Permintaan Paspor Tinggi, Kantor Imigrasi Tetap Buka di Hari Sabtu PADANG, HARIANHALUAN.COM—Mulai 16 Desember 2017, Kantor Imigrasi Kelas I Kota Padang tetap buka di hari Sabtu untuk melayani pembuatan paspor..
  • Kamis, 13 Juli 2017 - 19:07:33 WIB

    Sabtu Ini JK ke Padang, 600 Anggota Polresta Disiagakan

    Sabtu Ini JK ke Padang, 600 Anggota Polresta Disiagakan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla dijadwalkan bakal datang ke Kota Padang pada Sabtu (15/7). Sesuai prosedur, JK akan mendapatkan pengawalan ekstra dari aparat keamanan selama kunjung.
  • Kamis, 19 Mei 2016 - 04:25:16 WIB

    PPDB Mandiri Diumumkan Sabtu

    PADANG, HALUAN — Seleksi Peserta Didik Baru (PPDB) jalur mandiri tingkat SMA di Kota Padang akan diumumkan, Sabtu (21/5) mendatang. Calon siswa telah menjalani seleksi tes tertulis pada Sabtu (14/5) lalu dan kini hasil tes .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]