DIJADIKAN TEMPAT MEMBUANG SAMPAH

Lantai Dasar Inpres II Kotor dan Bau


Sabtu, 10 September 2016 - 03:56:44 WIB
Lantai Dasar Inpres II Kotor dan Bau SAMPAH bertebaran di salah satu tangga basement Inpres II Pasar Raya Padang. Selain sampah, basement juga dipenuhi genangan air. (YOLA SASTRA)

PADANG, HALUAN —Genangan air di basement atau lantai dasar Pasar Inpress II dikeluhkan sejumlah pe­dagang. Selain tidak terurus, basement tersebut juga dijadi­kan tempat membuang sam­pah oleh beberapa pedagang lainnya.

“Kalau angin bertiup ke arah sini, bau sampah itu menyengat sekali,” ujar An­ton pedagang cabe di lantai I Pasar Inpress II kepada Ha­luan, Selasa (6/9).

Tidak hanya me­nim­bul­kan bau tidak sedap, tempat kotor dan berair itu juga dihuni nyamuk, lalat, dan serangga lainnya. Hal itu ditakutkan Anton akan me­nim­bulkan berbagai penyakit, seperti demam berdarah.

“Kalau sudah mulai senja, nyamuk-nyamuk dari base­ment itu naik ke atas,” kata dia melanjutkan.

Sementara itu, Nasrul, pedagang rempah-rempah di lantai I juga mengeluhkan hal yang sama. Genangan air tersebut kata dia sudah ada sejak para pedagang dipin­dahkan ke lokasi itu.

“Saya sudah enam bulan di sini. Dan itu sudah ada sejak pertama kali berdagang di tempat ini,” ujarnya.

Menurut Nasrul, ter­ge­nang­nya air di basement karena drainase yang tak layak. Hal itu diperparah berbagai sampah yang di­buang ke sana.

“Ya kalau pasar tak di­ur­us, seperti itu jadinya. Adalah oknum-oknum yang buang sampah ke sana,” kata dia.

Dari pantauan Haluan pada siang itu, sejumlah pe­dagang di lantai I Pasar In­press membuang sampah ke genangan air kotor di sudut basement. Di beberapa titik, seperti tangga menuju dan sudut basement ber­tum­puk berbagai jenis sampah, di antaranya sampah basah se­perti tomat busuk, daun lobak, dan tangkai cabe; serta sam­pah plastik seperti botol mi­nu­man dan kantong kresek.

Menanggapi basement pasar Inpres II yang dipenuhi air Kepala Dinas Pasar Kota Padang menyatakan bahwa saat ini sedang dilakukan pengecekan dimana sumber masalah. Apakah air tersebut berasal dari atas atau berasal dari bawah.

“Saat sekarang ini tengah dilakukan pengecekan, apa penyebab sebenarnya lantai basement tersebut dipenuhi air,” tutur Endrizal.

Basement pasar Inpres II nantinya akan diisi oleh pe­dagang kering seperti penjual ikan asin. ada sekitar 184 lapak yang tersedia. Setelah diketahui apa penyebab gen­a­ng­an air diketahui maka akan segera diperbaiki.

Diperkirakan perbaikan basement akan selesai pada akhir Desember, sehingga awal Januari sudah bisa di­per­gunakan. Selain itu En­drizal juga menghimbau agar pe­da­gang tidak membuang sam­pah­nya di basement k­a­rena akan menimbulkan bau serta tidak kenyamanan pembeli.

“Jika pedagang mem­buang sampah sembarangan tentu akan membuat pembeli merasa tidak nyaman ber­belanja. Serta tentunya akan membuat jual-beli juga ikut menurun,” tutur Endrizal. (h/mg-sas, mg-mel)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 27 Mei 2020 - 17:37:25 WIB

    Kesaksian Pekerja di Koppas Plaza Lantai 2, Ada Ledakan Sebelum Kebakaran

    Kesaksian Pekerja di Koppas Plaza Lantai 2, Ada Ledakan Sebelum Kebakaran HARIANHALUAN.COM - Pekerja peleburan logam menceritakan kepada haluan.com mengenai kronologi kebakaran yang menghanguskan dua petak toko di Koppas lantai dua Plaza Pasar Raya Padang, Rabu (27/5/2020) siang..
  • Kamis, 21 Mei 2020 - 06:01:27 WIB

    Tak Perlu Jauh-jauh ke Puskesmas, Pedagang Kini Bisa Tes Swab di Lantai 4 Pasar Raya Padang

    Tak Perlu Jauh-jauh ke Puskesmas, Pedagang Kini Bisa Tes Swab di Lantai 4 Pasar Raya Padang HARIANHALUAN.COM -- Dinas Perdagangan Kota Padang bersama dengan Dinas Kesehatan di bawah komando Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 memindahkan pelaksanaan tes swab ke Pasar Raya, tepatnya di Mall Pelayanan Publik ya.
  • Kamis, 08 Desember 2016 - 01:25:54 WIB
    PEMBANGUNAN INPRES III

    Lantai Satu Selesai Desember

    Lantai Satu Selesai Desember PADANG, HALUAN — Pengerjaan Inpres III dikebut untuk bisa difungsikan pada Maret 2017. Selama Desember, pengerjaan akan ditargetkan selesai pada struktur lantai 3 dan 4 serta arsitektur lantai 1 siap dikerjakan..
  • Sabtu, 26 November 2016 - 01:29:10 WIB

    UPTD Pasar Lubuk Buaya Akan Bangun Kios di Lantai Dasar

    PADANG, HALUAN—UPTD Pasar Lubuk Buaya Padang berencana akan membangun kios untuk pedagang di lantai dasar pasar. Staf Administasi Pasar Lubuk Buaya, Febri Harda, Jumat (25/11) mengatakan, kebanyakan pedagang di lantai dasar.
  • Senin, 14 November 2016 - 00:45:11 WIB
    INPRES III SELESAI NOVEMBER 2017

    Lantai I Bisa Difungsikan Maret

    Lantai I Bisa Difungsikan Maret PADANG, HALUAN — Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mendukung penuh pada Maret 2017 lantai basement dan lantai 1 Inpres III siap difungsikan untuk aktivitas perdagangan..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]