Dodi, Tukang Jagal Sapi Kurban Jokowi yang Bersertifikat Pemotongan Halal Nasional


Senin, 12 September 2016 - 15:08:07 WIB
Dodi, Tukang Jagal Sapi Kurban Jokowi yang Bersertifikat Pemotongan Halal Nasional Tukang Jagal Sapi Kurban Jokowi yang Bersertifikat Pemotongan Halal Nasional. HUDA PUTRA

PADANG, HALUAN – Sapi kurban bantuan Presiden Joko Widodo sudah disembelih sekitar pukul 10.30 WIB, Senin (12/9) pagi tadi. Sebelum memasuki proses penyembelihan, butuh 13 orang untuk “menumbangkan” sapi seberat 1,2 ton itu.

Lalu siapa yang menyembelih sapi kurban asal Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota itu?

Ternyata ia adalah Dodi Angguna Putra (29). Sehari-hari, Dodi memang berprofesi sebagai tukang jagal di rumah potong hewan modern Payakumbuh milik Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan Sumatera Barat.

Tugasnya kali ini terasa berbeda.Dalam melakukan aksinya, dia tak sendiri. Doni melakukan bersama rekannya yang lain. Tugas mereka beragam. Mulai dari merebahkan sapi, lalu ada yang bertugas menguliti hewan yang sudah disembelih.

Tugas-tugas tadi dilakukan secara bergantian. Berbeda dengan Doni, ia tetap saja sebagai tukang jagal, penyembelih sapi.

Memang untuk tugas yang satu ini harus memiliki ketahanan tersendiri, sehingga seorang penyembelih tidak boleh ragu saat menggorok hewan sembelihannya. 

"Pertama kita harus siap mental, pemotongannya harus sempurna, jika tidak akan menyiksa sapinya." ungkap pria beranak dua tersebut.

Untuk penyembelihan sapi milik Jokowi ini tidak ada masalah berarti namun dirinya memang sedikit kesulitan.

"Ukurannya cukup besar sehingga butuh {C}


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM