Sawahlunto Bertekad Raih APE 2016


Selasa, 13 September 2016 - 02:32:07 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Kota Sa­wah­lunto bertekad dapat meraih penghargaan pada penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2016.

APE merupakan sebagai bentuk pengakuan atas ko­mitmen dan peran lembaga para pemimpin kementrian atau lembaga,  pemerintah daerah dalam mewujudkan kese­taraan dan keadilan gen­der.

“Secara keseluruhan, ha­sil dari penilaian APE yang dilakukan secara online itu, Sawahlunto sudah masuk ke dalam kelompok 6 besar di Sumbar yang telah meme­nuhi standar dari kesetaraan dan keadilan gender,” kata Kepala Kantor Pember­daya­an Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (PMPKB) Sawahlunto, Adri Yusman Kepada Haluan.

Adri Yusman menam­bahkan, ada beberapa hal yang menjadi penilaian yakni, akses, partisipasi, tolak ukur dan manfaat serta komitmen dalam melaksanakan pe­ngarus uta­maan gender ten­tang anggaran responsif gen­der. Dimana setiap SKPD diharapkan dapat me­nam­pung aspirasi, kebutuhan, permasalahan dan manfaat serta mulai membuat data terpilah berdasarkan jenis kelamin, umur, tempat tinggal dan lain-lain sesuai kebu­tuhannya.

Disamping itu, juga perlu juga diperhatikan apa saja yang menjadi hak anak ber­da­sarkan kepentingan terba­ik, kelangsungan hidup serta perlindungan terhadap anak.

“Dari itu semua akan didapatkan kondisi dan kese­jahteraan orang lain dalam kaitannya dengan pencapaian kesejahteraan gen­der, pem­berdayaan perem­puan, per­lin­dungan anak di daerah. Komitmen kebija­kan, kelem­bagaaan, SDM, anggaran, alat analisa gender, data gen­der dan partisipasi masya­rakat akan menentukan ba­gaimana suatu daerah telah melakukan pembangunan yang merata disemua lini tanpa membedakan gender,” ungkapnya.

Ke depan, melalui APE ini diharapkan ada kesadaran bersama dalam melakukan pembangunan akan tertata tanpa adanya perbedaan gen­der. Namun lebih pada kon­disi saling keterkaitan dan bekerjasama sesuai dengan porsi dan tugasnya masing-masing, termasuk pemenu­han dalan perlindungan anak untuk dapat hidup layak dan aman di negara ini. (h/mg-rki)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]