Jumlah Hewan Kurban Meningkat


Selasa, 13 September 2016 - 02:34:03 WIB
Jumlah Hewan Kurban Meningkat Salah satu panitia kurban Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriyah di Musala Darul Husna, Gunung Timbago, Kelurahan Saringan, Kecamatan Barangin Sawahlunto saat pelaksanaan pemotongan hewan kurban. (RIKI YUHERMAN)

SAWAHLUNTO, HALUAN — Meski terjadi penurunan jumlah peserta kurban dibe­berapa daerah, namun secara keseluruhan terjadi pening­katan jumlah hewan kurban di Kota Sawahlunto pada lebaran Idul Adha 1437 H ini. Jika tahun 1436 H lalu tercatat 400 hewan kurban, tahun ini dari catatan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Sa­wah­lunto terdapat hewan qur­ban sapi 438 ekor, kerbau 2 ekor, sedangkan kambing 5 ekor.

“Jika dibandingkan dengan tahun lalu, memang terjadi peningkatan jumlah hewan kurban kali ini,” ungkap Kepala Kemenag Sawahlunto, Ramza Husmen, disela-sela pelak­sanaan Solat Idul Adha 1437 H, Senin (12/9).

Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf mengatakan, pening­katan jumlah hewan kurban tersebut, menandakan terjadi peningkatan iman dan taqwa masyarakat Kota Sawahlunto. Selain dari itu, peningkatan keimanan dan ketaqwaan itu juga tidak terlepas dari pe­ningkatan perekonomian ma­sya­rakat. Sebab, pelaksanaan ibadah kurban tentu sangat dipengaruhi dengan keimanan, ketaqwaan dan perekonomian sendiri.

Ali Yusuf mengharapkan, pelaksanaan ibadah qurban dapat diiringi dengan perbaikan akhlak masyarakat. “Mudah-mudahan, kurban yang dilak­sanakan dapat mengiringi pe­ningkatan ibadah dan akhlak kita ke depan,” ujar bapak tiga anak itu.

Pelaksanaan ibadah kurban tertinggi di Kota Sawahlunto terjadi di tahun 1435 H atau tahun 2014 lalu. Dimana jum­lah hewan kurban dua tahun silam itu menembus angka 666 ekor. (h/dil)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]