Nagari Koto Baru Sembelih 200 Hewan Kurban


Selasa, 13 September 2016 - 02:35:01 WIB
Nagari Koto Baru Sembelih 200 Hewan Kurban Ilustrasi.

Arosuka, Haluan — Setidaknya sekitar 200-an hewan kurban disembelih di Nagari Koto baru, KEC. Kubung selama pelaksanaan Idul Adha 1437 H tahun 2016 ini. Hewan kurban yang terdiri dari sebanyak 195 ekor sapi dan puluhan ekor kambing ini tersebar di sejumlah masjid dan musala yang ada didelapan jorong di nagari yang berpenduduk sekitar 21 ribu jiwa itu.

Walinagari Koto Baru, Afrizal Khaidir Malin Batuah kepada Haluan selepas Salat Idul Adha di Masjid Raya Koto Baru, Senin (12/9) menyebutkan, prosesi penyem­belihan hewan kurban ini memang tidak dipusatkan di satu lokasi saja. Hal ini menimbang luas wilayah yang menyulitkan masyarakat untuk mengambil daging kurban. “Daerah kita luas, kalau dipusatkan di satu lokasi tentu akan menyulitkan masyarakat,” jelasnya.

Kendati demikian, pihaknya memas­tikan distribusi daging kurban akan dibagikan secara merata bagi masyarakat yang ada hingga ke pelosok-pelosok jorong. Sedangkan untuk penyembelihan juga tidak dilakukan secara serentak di tiap jorong.

“Kalau jadwalnya, sesuai syariat boleh selama 3 hari tasyrik ini yaitu 10 hingga 12 Zulhidjah. Makanya kita juga tidak memfokuskan pada 1 hari saja,” kata Afrizal.

Jumlah hewan kurban tahun ini kata dia, mengalami peningkatan yang signifi­kan dibandingkan dengan tahun lalu. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah hewan kurban yang disembelih hanya berjumlah sekitar 150-an ekor.

Sedangkan pada tahun ini mencapai 200 ekor lebih.

“Alhamdulillah, tahun ini jumlahnya meningkat, semoga ini bukti bahwa ma­syarakat kita telah memahami makna berkurban, meski ekonomi sekarang sedang sulit,” pungkasnya. (h/ndi)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]