Sapi Terjangkit Cacing Hati Ditemukan di Dumai


Selasa, 13 September 2016 - 02:46:02 WIB
Sapi Terjangkit Cacing Hati Ditemukan di Dumai Ilustrasi.

DUMAI, HALUAN  — Tim medis hewan Dinas Pe­ter­nakan Kota Dumai me­ne­mukan tiga ekor sapi kurban di Kelurahan Datuk Lak­samana Kecamatan Dumai Kota, Senin, terjangkit cacing hati.

Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kota Dumai Sya­frizal menyebutkan, warga setempat disarankan untuk tidak memakan hati pada sapi kurban yang tidak sehat tersebut karena dikha­wa­tirkan bisa me­nularkan pe­nyakit.

“Tiga ekor sapi kurban ditemukan mengandung pe­nyakit cacing hati. Kami menyarankan panitia dan warga untuk tidak memakan hati hewan yang disem­belih tersebut,” tutur Syafrizal.

Ia menerangkan, secara umum pelak­sanaan pemo­tongan hewan kurban dalam perayaan hari raya haji di Kota Dumai berlangsung de­ngan tertib aman dan ter­ken­dali meski ada ditemukan sapi tidak sehat dan ber­penyakit.

Disnak Kota Dumai hing­ga pukul 17.20 WIB sudah menghimpun data sementara jumlah hewan kurban di­sem­belih warga, yaitu sebanyak 1.728 ekor, terdiri 1.171 sapi, 566 kambing dan 1 ekor kerbau.

“Lokasi penyembelihan hewan kurban Idul Adha di seluruh wilayah Kota Dumai terdata sebanyak 265 titik, baik di rumah ibadah mau­pun lapangan,” ujarnya.

Untuk data keseluruhan jumlah hewan kurban dip­o­tong di Kota Dumai pada perayaan Idul Adha ini, ka­tanya, masih menunggu la­poran tiga kelurahan lain dari petugas pengawas yang di­ben­tuk pe­merintah. (h/ant)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]