Jokowi Pastikan Indonesia Dapat Tambahan Kuota Haji


Selasa, 13 September 2016 - 02:48:04 WIB
Jokowi Pastikan Indonesia Dapat Tambahan Kuota Haji Presiden Joko Widodo.

JAKARTA, HALUAN —  Presiden, Jokowi membicarakan penambahan kuota haji Indonesia sebesar 10 ribu calon haji dengan Pangeran Arab Saudi, Muhammad bin Salman bin Albdulaziz di Hangzhou beberapa waktu lalu. Dari pembicaraan itu disepakati bahwa mulai tahun depan, kuota haji Indonesia ditambah. Kuota tersebut diambil dari kuota haji tak terpakai di negara tetangga.

“Jadi, kami sudah ber­bicara, yang pertama dengan Pangeran Muhammad dari Saudi Arabia waktu di Hang­z­hou, sudah berbicara bahwa kita ingin meminta tambahan kuota haji dan beliau sudah menyampaikan akan di­tam­bah. Saya juga sampaikan tambahan itu juga bisa di­tambah lagi dengan kuota yang diberikan Filipina, Si­nga­pura, Jepang, yang tidak terpakai, akan kita pakai se­muanya, beliau sudah me­nyang­gupi,” kata Jokowi usai membagikan paket sembako di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Karangantu, Serang, Banten, Minggu (11/9).

Namun, Jokowi belum bisa memastikan total angka penambahan kuota haji yang akan diberikan kepada Indo­nesia dari negara tetangga ini. Kepastian mengenai hal itu diperkirakan sudah dapat dipastikan saat kunjungan Raja Salman ke Indonesia pada Oktober mendatang.

Selain itu, Jokowi juga sudah membicarakan soal kuota haji dengan Presiden Filipina, Rodrigo Duterte saat berkunjung ke Jakarta, Jumat (9/9). Duterte menyanggupi permintaan Jokowi.

“Waktu ketemu Presiden Duterte, juga saya sampaikan, silakan. Tapi ini prosedurnya yang akan kita benarkan, jangan sampai kayak yang sudah-sudah, memakai pas­por yang palsu. Ini yang menyebabkan ruwet di situ,” ujarnya.

Sementara itu, menurut Jokowi, terkait kasus pe­mal­suan identitas yang menimpa sekitar 700 orang calon haji Indonesia berpaspor Filipina, Duterte juga berjanji akan membantu pemulangan me­reka yang disebut sebagai korban sindikat travel haji.

“Entah nanti pakai surat laksana paspor langsung dari Saudi, kalau itu me­mung­kinkan berarti langsung ke Indonesia. Kalau tidak bisa, ya, ke Filipina dulu. Tetapi, Presiden Duterte me­nyam­paikan akan membantu pe­nuh karena beliau melihat ini adalah korban dari sindikat haji,” tuturnya. (h/okz)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 21 September 2020 - 14:37:37 WIB

    Pandemi Corona, Jokowi Tidak akan Tunda Pilkada

    Pandemi Corona, Jokowi Tidak akan Tunda Pilkada HARIANHALUAN.COM-Meski pandemi virus corona (Covid-19), Presiden Jokowi menegaskan bahwa tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di 270 daerah akan tetap dilaksanakan..
  • Ahad, 20 September 2020 - 08:05:24 WIB

    Ingatkan Jokowi, Ahli Wabah: Korona Lima Tahun Tak Akan Selesai

    Ingatkan Jokowi, Ahli Wabah: Korona Lima Tahun Tak Akan Selesai HARIANHALUAN.COM - Epidemiolog atau ahli wabah dari Universitas Indonesia Pandu Riono mengingatkan Pemerintah Jokowi untuk menangani pagebluk Covid-19 ini ditangani secara serius dan terstruktur. Wabah diperkirakan belum sele.
  • Kamis, 17 September 2020 - 22:34:13 WIB

    Jokowi akan Pidato di Sidang Umum PBB

    Jokowi akan Pidato di Sidang Umum PBB HARIANHALUAN.COM - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan Indonesia akan berpartisipasi dalam Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-75 untuk menyampaikan sikap RI soal pandemi Corona. Retno menyebut Presiden Joko Wid.
  • Rabu, 16 September 2020 - 13:27:28 WIB

    Kenapa Jokowi Percaya kepada Luhut? Istana Beberkan Alasannya

    Kenapa Jokowi Percaya kepada Luhut? Istana Beberkan Alasannya HARIANHALUAN.COM - Tenaga Ahli Kedeputian Kantor Staf Presiden (KSP) Donny Gahral Adian menyatakan, penunjukkan Luhut Binsar Pandjaitan untuk menekan kasus Covid-19 selama dua pekan merupakan kepercayaan Presiden Joko Widodo .
  • Selasa, 15 September 2020 - 12:04:36 WIB

    Presiden Jokowi: Pemakaian Masker sebagai Wujud Disiplin Nasional

    Presiden Jokowi:  Pemakaian Masker  sebagai Wujud Disiplin Nasional HARIANHALUAN.COM-Presiden RI Joko Widodo menegaskan,  pemakaian masker sebagai wujud disiplin nasional.terus mengimbau kepada 267 juta rakyat Indonesia agar selalu memakai masker..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]