AS TERBUKA

Wawrinka dan Kerber Raih Juara


Selasa, 13 September 2016 - 02:58:22 WIB
Wawrinka dan Kerber Raih Juara Angelique Ker­ber.

New York, Haluan — Petenis Swiss Stanislas Waw­rinka menjuarai AS Terbuka 2016 dibagian putra usai mengalahkan juara bertahan Novak Djokovic (Serbia) dalam partai empat set. Di­bagian putri Angelique Ker­ber, berhasil meraih gelar juara.

 Wawrinka yang menjadi unggulan ketiga meraih ke­m­e­­nangan 6-7(1), 6-4, 7-5, dan 6-3 atas Djokovic sang juara bertahan sekaligus unggulan teratas, dalam partai final di Arthur Ashe Stadium yang tuntas Senin (12/9). Duel itu berjalan 3 jam dan 54 menit.

Djokovic sebenarnya me­­­mulai pertandingan par­tai puncak tersebut dengan menjanjikan. Ia langsung memimpin 3-0, salah sa­tunya berkat keberhasilan mematahkan servis Wa­w­rinka di game dua. Wawrinka pantang menyerah, mem­buatnya setelah itu bisa men­jaga servis game dan terus membayangi Djokovic. Jerih payah Wawrinka itu berbuah di game sembilan; ia mem­buat break setelah Djokovic melakukan double fault.

Momentum itu tak disia-siakan Wawrinka yang lantas menyamakan kedudukan jadi 5-5 setelah me­nga­man­kan game servisnya. Per­tarungan pun berjalan alot, meski akhirnya set ini jadi milik Djokovic lewat tie-breaker untuk menutup set per­tama yang berjalan sela­ma 58 menit.

Di awal set kedua Waw­rinka mampu mendesak Djo­­­kovic. Itu terjadi berkat ke­ber­hasilannya mematahkan servis Djokovic di game empat. Keunggulan Waw­rinka juga menjadi 4-1 setelah ia memaksimalkan servisnya di game lima.

Dibagian putrid, petenis Jerman Angelique Kerber, menegaskan statusnya seba­gai petenis putri nomor satu dunia yang baru dengan menjuarai Grand Slam AS Terbuka 2016. Unggulan kedua itu merebut titel grand slam kedua sepanjang karier setelah mengalahkan petenis Republik Ceska, Karolina Pliskova, 6-3, 4-6, 6-4 pada laga final di Arthur Ashe Stadium, Minggu (11/9).

Kerber menjadi petenis Jerman pertama yang men­juarai AS Terbuka dan men­jadi petenis nomor satu dunia setelah Steffi Graf. “Gelar ini sangat berharga buat saya. Saat masih kecil, saya bermimpi suatu hari nanti bisa jadi pemain no­mor satu dunia dan me­menangi grand slam. Ta­hun ini semua impian itu jadi kenyataan. Rasanya luar biasa bisa merebut dua titel grand slam dalam setahun,” kata Kerber, yang menggusur Sere­na Williams dari puncak ranking WTA pada Senin (12/9), seperti dikutip dari Reuters.

Sebelum 2016, Kerber tak pernah masuk final tur­namen grand slam. Dia me­mulai tahun ini di ran­king 10 dunia setelah gagal me­lewati babak ketiga di se­luruh turnamen grand slam pada 2015. Na­mun, pe­run­tungan petenis berusia 28 tahun itu berubah pada 2016. Pa­da Januari, Kerber me­ngalahkan Serena untuk menjuarai Australia Terbuka, lalu menjadi finalis Wimbledon, dan terakhir meraih medali perak Olim­piade Rio de Janeiro.

“Kerber membuktikan diri layak menjadi petenis nomor satu dunia. Saya sa­ngat bangga bisa me­main­kan laga yang hebat de­ngannnya,” ujar Pliskova, yang sempat me­ngalahkan Angelique Ker­ber pada per­temuan terakhir di final turnamen Cincinnati Mas­ters tiga pekan lalu. (h/dtc/bln)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]