Prodi Gizi Unand Jalin Kerja Sama dengan Pergizi Pangan Indonesia


Selasa, 13 September 2016 - 03:08:52 WIB
Prodi Gizi Unand Jalin Kerja Sama  dengan Pergizi Pangan Indonesia SUASANA seminar ilmiah nasional yang bertemakan Keamanan Pangan dan Gizi Seimbang yang diadakan Pergizi Pangan Indonesia, bekerja sama dengan Pra Himpunan Mahasiswa Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas, Sabtu (10/9).

PADANG, HALUAN—Per­him­punan Pakar Gizi dan Pa­ng­an (Pergizi Pangan) Indo­nesia, bekerja sama dengan Pra Himpunan Mahasiswa Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas menga­dakan seminar ilmiah nasional yang bertemakan Keamanan Pangan dan Gizi Seimbang, di Padang, Sabtu (10/9).

Sehari sebelum seminar ini dilaksanakan, Pergizi Pangan juga mengadakan workshop pada Jumat (9/9) yang dihadiri oleh dosen dari berbagai pergu­ruan tinggi yang memiliki latar belakang jurusan kesehatan di daerah Sumatera Barat.

Seminar ini didukung oleh beberapa lembaga yaitu Pe­r­satuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), Ikatan Ahli Kese­hatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), dan Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indo­nesia (PATPI). Lebih kurang 300 peserta yang berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda hadir pada seminar ini. Peserta merupakan mahasiswa, dosen, guru PAUD, guru seko­lah dasar, para kader, serta masyakakat umum.

Ketua umum Persagi Pa­ng­an Indonesia, Prof Dr Ir Har­dinsyah, MS mengatakan tu­juan seminar ini diangkatkan tidak lain untuk menyampaikan bukti-bukti mutakhir tentang masalah keamanan pangan yang telah meluas terutama di negara-negara berkembang terutama di Indonesia. Ma­kanan yang aman adalah ma­ka­nan yang menye­hatkan tubuh dan bebas dari berbagai pen­yakit baik itu cemaran kimia, fisika, radiasi, ataupun mik­roba. Melalui se­minar ini, output yang diharap­kan yaitu dapat memperbaiki gizi bangsa agar lebih baik lagi serta me­n­ing­k­atnya kesadaran masya­rakat tentang pangan yang  aman.

Rangkaian acara dimulai dengan kata sambutan oleh Dr Denas Symond, MCN selaku ketua pelaksana, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas An­dalas, Defriman Djafri, SKM, MKM, PhD sekaligus mem­buka acara seminar ilmiah tersebut. Acara dilanjutkan dengan pengarahan dari Ketua Pergizi Pangan Indonesia, sekaligus pelantikan pengurus Pergizi Pangan Sumatera Barat.

Seminar yang terbuka un­tuk umum ini, menghadirkan tiga pembicara yaitu Ketua Pergizi Pangan Indonesia yang mempresentasikan tentang  Keamanan Pangan dan Imple­mentasinya terhadap Gizi dan Daya Saing Bangsa. Dilanjut­kan dengan materi Upaya Me­wujudkan Masyarakat Ber­prilaku Gizi oleh dr Fionaliza, MKM dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat. Ke­mu­dian ditutup dengan pem­bicara ketiga yang mem­presen­tasikan tentang Gizi Seimbang Mewujudkan Generasi Sehat Berprestasi oleh Dr Denas Symond, MCN.

Seminar ini membahas masalah keamanan pangan, penyebab terjadinya pangan tidak aman, serta resiko meng­konsumsi pangan yang tidak aman. Tidak kalah menariknya, seminar ini juga membicarakan penggunaan bahan tambahan pangan (BTP). Dalam Pera­turan Menteri Ke­sehatan No. 33 Tahun 2012 dinyatakan 27 golongan BTP yang aman di­guna­kan, salah satunya adalah penguat rasa (Flavor En­han­cer), yaitu golongan bahan penyedap rasa dan aroma, contohnya asam glutamat dan garamnya (MSG).

“BTP aman digunakan se­lagi sesuai peruntukan dan pe­ng­gunaan berdasarkan regu­lasi atau konsensus lembaga yang ber­wenang disertai bukti ilmiah yang kuat,” ujar Har­dinsyah, MS.

Seminar yang diadakan ber­tahap di berbagai kota di In­do­nesia sejak tahun 2014 ini, juga memiliki misi agar ma­hasiswa terutama calon-calon sarjana gizi masa depan yang akan mengu­bah kondisi masya­rakat Indo­nesia hendaknya memiliki pe­nge­tahuan yang memadai teru­tama dari segi aspek kemanan pangan. (h/rel/eni)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 10 Agustus 2016 - 04:59:24 WIB

    Prodi Sastra Indonesia UNP Raih Akreditasi A

    Prodi Sastra Indonesia UNP Raih Akreditasi A PADANG, HALUAN — Program Studi (Prodi) Sastra Indoesia Universitas Negeri Padang (UNP) berhasil meraih akreditasi A. Hal itu ditetapkan BAN-PT melalui surat keputusan nomor 1123/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2016 dan berlaku hingga.
  • Sabtu, 23 Juli 2016 - 04:15:51 WIB

    Prodi Biologi UBH Sasar Akreditasi A

    Prodi Biologi UBH Sasar Akreditasi A PADANG, HALUAN— Program studi Pendidikan Biologi Universitas Bung Hatta (UBH) telah dibuka sejak tahun 2007 dan telah terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)..
  • Senin, 27 Juni 2016 - 05:44:11 WIB

    Prodi Jinayah Siyasah IAIIN IB Dinilai BAN-PT

    Prodi Jinayah Siyasah IAIIN IB Dinilai BAN-PT PADANG, HALUAN—Tim Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) visitasi program studi (prodi) Jinayah Siyasah atau hukum pidana Islam dan Hukum Tata Negara (HTN) pada Fakultas Syari’ah IAIN Imam Bonjol Padang. Pro.
  • Sabtu, 11 Juni 2016 - 04:01:38 WIB

    Dirut BNI Syariah: Lulusan Prodi Syariah Kalah Bersaing

    PADANG, HALUAN — Lu­lusan program studi syariah yang dihasilkan perguruan tinggi di Indonesia belum dapat bersaing pada lembaga-lem­baga bisnis yang ada. Banyak persoalan yang membuat me­reka kalah bersaing dengan lulusa.
  • Selasa, 24 Mei 2016 - 05:19:19 WIB

    AKBP-STIE KBP Siap Buka Prodi Perpajakan

    AKBP-STIE KBP Siap Buka Prodi Perpajakan PADANG, HALUAN — Akademi Keuangan dan Perbankan Pembangunan dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Keuangan, Perbankan dan Pembangunan (AKBP-STIE KBP) Padang berencana membuka program studi baru DIII Perpajakan. Pembukaan Prodi in.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]