Warga Sariak Alahan Tigo Peroleh Bibit Manggis dan Durian


Selasa, 13 September 2016 - 03:10:35 WIB
Warga Sariak Alahan Tigo Peroleh Bibit Manggis dan Durian Arlon Sutan Sati, anggota DPRD Fraksi Gerindra menyerahkan bantuan bibit manggis dan durian montong kepada warga Sariek Alahan Tigo. (MARNUS CHANIAGO)

ALAHAN PANJANG,HALUAN — Masyarakat Sariek Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti, memperoleh bantuan bibit manggis dan durian dari Dinas Pertanian kabupaten Solok. Bantuan ini merupakan partisipasi Arlon Sutan Sati, anggota DPRD Fraksi Gerindra.

Arlon saat menyerahkan bantuan itu pada Rabu, menyatakan sebelum bibit manggis dan durian diserahkan, Dinas Pertanian telah melakukan penelitian dan menetapkan kawasan ini cocok untuk tanaman mangis dan durian. “Bantuan ini diserahkan pada dua kelompok yakni Kelompok Bukit Rampung dan Kelompok Padang Lincin. Setiap kelompok beranggotakan saratus orang kaum perempuan, mereka merupakan ibu ruymah tangga dan petani, “ jelasnya.

Menurutnya, kedua kelompok berada di Jorong Sariak Ateh yang baru bebas dari keterisoliran. Bantuan ini dimaksudkan agar kaum perempuan nanti mempunyai tambahan penghasilan dari panen manggis dan durian senagai penompang ekonomi keluarga yang selama ini bersandar pada usaha bertanam padi sawah.

Wakil rakyat daerah pemilihan wilayah IV ini, mengaku merasa tersentuh dengan kondisi masyarakatnya yang baru lepas dari keterisoliran. “Dengan bantuan ini diharapkan Sariak Alahan Tigo kelak akan menajdi sentra pengahsil buah manggis dan durian,” ujarnya.

Seperti dijelaskan Mul, petugas penyuluh pertanian, tanaman manggis dan durian montong mampu berbuah lebih cepat dan pohonya tidak terlalu tinggi sehingga mudah memanenya. (h/nus)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 24 Juni 2019 - 14:02:46 WIB

    Warga Timpeh Gelar Halal Bihalal

    Warga Timpeh Gelar Halal Bihalal DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Masjid Baitul Makmur, Jorong Pinang Makmur, Nagari Tabek, Kecamatan Timpeh, Senin (24/6), terlihat ramai. Masjid berukuran 25 m x 25 m itu dipenuhi kaum bapak dan ibu, tua maupun muda. Mereka .
  • Kamis, 20 Juni 2019 - 16:32:36 WIB

    Pemnag Ampang Tareh Bedah Dua Rumah Warga

    Pemnag Ampang Tareh Bedah Dua Rumah Warga PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Dua unit rumah masyarakat di Nagari Ampang Tareh Lumpo Kecamatan IV Jurai Pessel mendapatkan bantuan bedah Rumah Layak Huni dari pemerintahan nagari. Kedua rumah yang mendapat bantuan masing-masing.
  • Selasa, 18 Juni 2019 - 11:19:28 WIB

    Minim PJU, Warga Khawatir Berobat Malam ke RSP Pasaman

    Minim PJU, Warga Khawatir Berobat Malam ke RSP Pasaman PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Sejumlah warga mengeluhkan gelapnya kondisi jalan masuk menuju Rumah Sakit (RS) Pratama Pasaman di Kubu Juar, Nagari Sitombol, Kecamatan Padanggelugur jika malam hari,  karena minim penerangan lam.
  • Jumat, 14 Juni 2019 - 18:17:55 WIB

    Sungai Limau Sering Diterjang Banjir, Warga Desak Pemerintah Perbaiki Bendungan

    Sungai Limau Sering Diterjang Banjir, Warga Desak Pemerintah Perbaiki  Bendungan PADANG PARIAMAN,HARIANHALUAN.COM-Takut ada banjir susulan, warga Sungai Limau desak pemerintah daerah membenahi bendungan Pangian yang jembol.  Menurut warga banjir sering  terjadi disebabkan karena jebolnya bendungan ter.
  • Jumat, 14 Juni 2019 - 15:54:06 WIB

    Trauma Banjir Susulan, Warga Sungai Limau Minta Pemerintah Perbaiki Bendungan Pangian

    PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Trauma akan terjadinya banjir susulan, warga Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman desak pemerintah daerah segera benahi bendungan Pangian yang jembol. Pasalnya, banjir yang terjadi beber.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM