Warga Sariak Alahan Tigo Peroleh Bibit Manggis dan Durian


Selasa, 13 September 2016 - 03:10:35 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Warga Sariak Alahan Tigo Peroleh Bibit Manggis dan Durian Arlon Sutan Sati, anggota DPRD Fraksi Gerindra menyerahkan bantuan bibit manggis dan durian montong kepada warga Sariek Alahan Tigo. (MARNUS CHANIAGO)

ALAHAN PANJANG,HALUAN — Masyarakat Sariek Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti, memperoleh bantuan bibit manggis dan durian dari Dinas Pertanian kabupaten Solok. Bantuan ini merupakan partisipasi Arlon Sutan Sati, anggota DPRD Fraksi Gerindra.

Arlon saat menyerahkan bantuan itu pada Rabu, menyatakan sebelum bibit manggis dan durian diserahkan, Dinas Pertanian telah melakukan penelitian dan menetapkan kawasan ini cocok untuk tanaman mangis dan durian. “Bantuan ini diserahkan pada dua kelompok yakni Kelompok Bukit Rampung dan Kelompok Padang Lincin. Setiap kelompok beranggotakan saratus orang kaum perempuan, mereka merupakan ibu ruymah tangga dan petani, “ jelasnya.

Menurutnya, kedua kelompok berada di Jorong Sariak Ateh yang baru bebas dari keterisoliran. Bantuan ini dimaksudkan agar kaum perempuan nanti mempunyai tambahan penghasilan dari panen manggis dan durian senagai penompang ekonomi keluarga yang selama ini bersandar pada usaha bertanam padi sawah.

Wakil rakyat daerah pemilihan wilayah IV ini, mengaku merasa tersentuh dengan kondisi masyarakatnya yang baru lepas dari keterisoliran. “Dengan bantuan ini diharapkan Sariak Alahan Tigo kelak akan menajdi sentra pengahsil buah manggis dan durian,” ujarnya.

Seperti dijelaskan Mul, petugas penyuluh pertanian, tanaman manggis dan durian montong mampu berbuah lebih cepat dan pohonya tidak terlalu tinggi sehingga mudah memanenya. (h/nus)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 17 April 2019 - 16:27:18 WIB

    42 Warga Rutan Sawahlunto Ikut Mencoblos

    SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Meski tengah menjalani masa pembinaan, akan tetapi hak untuk menggunakan suara pada Pemilihan Legislatif dan Pemilu Presiden 2019 tetap dapat dilakukan oleh warga Rumah Tahanan Negara (Rutan) ke.
  • Rabu, 17 April 2019 - 16:26:04 WIB

    Usai Mencoblos Warga Ikuti Lomba Selfie

    Usai Mencoblos Warga Ikuti Lomba Selfie SAWAHLUNTO, HALUAN - Pemandangan menarik terlihat hampir di semua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Sawahlunto. Banyak pemilih usai melakukan pencoblosan unjuk diri dengan swafoto atau selfie. Hal tersebut bukan tidak ber.
  • Senin, 11 Maret 2019 - 16:48:53 WIB

    Dihadiri Ribuan Warga, Millenial Road Safety Festival di Padang Panjang Meriah

    Dihadiri Ribuan Warga, Millenial Road Safety Festival di Padang Panjang Meriah PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.Com – Millenial Road Safety Festival (MRSF) di Kota Padang Panjang berlansung meriah. Ribuan pengunjung datang berkumpul di Bancah Laweh, Minggu (10/3) pagi. .
  • Kamis, 24 Januari 2019 - 11:08:49 WIB
    MASTER PLAN TENGAH DIPERBAIKI

    KEK Mentawai Dijanjikan Tampung Warga

    KEK Mentawai Dijanjikan Tampung Warga PADANG, HARIANHALUAN.COM — Dari total 2.600 hektera (ha) lahan yang diproyeksikan sebagai lokasi pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mentawai, pemerintah mengaku baru bisa membebaskan sekitar 800 ha. Pemerintah mengaku.
  • Rabu, 09 Januari 2019 - 12:50:24 WIB

    359 Ribu Warga Sumbar Miskin

    359 Ribu Warga Sumbar Miskin PADANG, HARIANHALUAN.COM –  Komisi V DPRD Sumbar meminta Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sumbar fokus dengan program pengentasan kemiskinan dan penanggulangan bencana alam yang terjadi di daerah. Data hingga September 2018,.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM