Warga Sariak Alahan Tigo Peroleh Bibit Manggis dan Durian


Selasa, 13 September 2016 - 03:10:35 WIB
Warga Sariak Alahan Tigo Peroleh Bibit Manggis dan Durian Arlon Sutan Sati, anggota DPRD Fraksi Gerindra menyerahkan bantuan bibit manggis dan durian montong kepada warga Sariek Alahan Tigo. (MARNUS CHANIAGO)

ALAHAN PANJANG,HALUAN — Masyarakat Sariek Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti, memperoleh bantuan bibit manggis dan durian dari Dinas Pertanian kabupaten Solok. Bantuan ini merupakan partisipasi Arlon Sutan Sati, anggota DPRD Fraksi Gerindra.

Arlon saat menyerahkan bantuan itu pada Rabu, menyatakan sebelum bibit manggis dan durian diserahkan, Dinas Pertanian telah melakukan penelitian dan menetapkan kawasan ini cocok untuk tanaman mangis dan durian. “Bantuan ini diserahkan pada dua kelompok yakni Kelompok Bukit Rampung dan Kelompok Padang Lincin. Setiap kelompok beranggotakan saratus orang kaum perempuan, mereka merupakan ibu ruymah tangga dan petani, “ jelasnya.

Menurutnya, kedua kelompok berada di Jorong Sariak Ateh yang baru bebas dari keterisoliran. Bantuan ini dimaksudkan agar kaum perempuan nanti mempunyai tambahan penghasilan dari panen manggis dan durian senagai penompang ekonomi keluarga yang selama ini bersandar pada usaha bertanam padi sawah.

Wakil rakyat daerah pemilihan wilayah IV ini, mengaku merasa tersentuh dengan kondisi masyarakatnya yang baru lepas dari keterisoliran. “Dengan bantuan ini diharapkan Sariak Alahan Tigo kelak akan menajdi sentra pengahsil buah manggis dan durian,” ujarnya.

Seperti dijelaskan Mul, petugas penyuluh pertanian, tanaman manggis dan durian montong mampu berbuah lebih cepat dan pohonya tidak terlalu tinggi sehingga mudah memanenya. (h/nus)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]