Kurangnya Investasi di Balik Pertumbuhan Ekonomi


Rabu, 14 September 2016 - 02:27:11 WIB
Kurangnya Investasi di Balik Pertumbuhan Ekonomi Ilustrasi.

Kabar baik dan menggembirakan biasanya jarang menjadi headline sebuah media. Oleh karena itu jika ada sebuah kabar baik yang menjadi headline, maka tentu ini adalah kabar yang sangat membanggakan dan menyejukkan para pembacanya.

“Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Barat Tertinggi di Sumatera”. Demikianlah kira-kira judul headline pada be­bera­pa media minggu lalu. Berdasarkan pemaparan dari Bank Indonesia perwakilan Sumatera Barat, pertumbuhan ekonomi provinsi kita dalam tiga triwulan terakhir cukup baik. Tercatat pada triwulan III 2015 pertumbuhan ekonomi Sumatera Barat 5,74 persen, Triwulan I 2016 5,49 persen dan Triwulan II naik 2016 menjadi 5,78 persen. Bahkan jika mau dibandingkan per­tumbuhan ekonomi nasional yang hanya 4,79 persen, kita juga lebih tinggi.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan Puji At­moko, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat, pertumbuhan tersebut di­to­pang oleh konsumsi ru­mah tangga, belanja peme­rintah serta investasi.

Pertumbuhan tersebut juga diringi dengan pertumbuhan pada seluruh lapangan usaha seperti Penyediaan Ako­mo­dasi, Makan dan Minum yang mengalami pertumbuhan se­be­sar 11,09 persen, diikuti de­ngan Informasi dan Komu­ni­kasi sebesar 10,52 persen dan Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial sebesar 9,84 per­sen. Na­mun sayangnya, dibalik per­tum­buhan ekonomi yang baik ter­sebut tidak diiringi dengan pertumbuhan investasi yang baik pula.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]