HARGA TANAH SELANGIT

Program Rumah Murah Terkendala


Rabu, 14 September 2016 - 02:49:11 WIB
Program Rumah Murah Terkendala Ketua Real Estate Indo­nesia (REI), Hendra Gun­a­wan

PADANG, HALUAN — Program Nasional Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) untuk mensubsidi masyarakat kelas menengah ke bawah untuk mendapatkan rumah melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), masih mengalami sejumlah kendala. Selain pembebasan lahan, harga tanah yang selangit juga menjadi hambatan.

Ketua Real Estate Indo­nesia (REI), Hendra Gun­a­wan mengatakan, sampai akhir September 2016 ini, pi­haknya baru bisa mem­bangun 2.552 unit rumah FLPP di seluruh kabupaten/ kota di Sumbar. Sementara target tahun 2016 telah dipatok sebanyak 6.000 unit.

“Pembebasan dan harga ta­nah, membuat program FLPP ini jauh dari realisasi target. Sampai saat ini para pengembang baru bisa me­nyelesaikan akad (serah teri­ma-red) rumah sebanyak 2.552 unit,” kata Hendra kepa­da Ha­luan, Selasa (13/9).

Dijelaskannya, untuk pem­bangunan rumah ber­subsidi yang harganya Rp116 juta, pengembang harus me­n­cari tanah yang harganya berkisar di antara Rp100-150 ribu/ meter ku­bik. Sedangkan harga tanah di beberapa dae­rah, khususnya di Kota Pa­dang jauh dari ang­garan tersebut.





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM