Dua Jorong di Pasaman Tanpa ‘Darah’ Kurban


Rabu, 14 September 2016 - 03:11:08 WIB
Dua Jorong di Pasaman Tanpa ‘Darah’ Kurban Ilustrasi.

Miris, Mungkin kata ini yang tepat untuk menggambarkan suasana perayaan Idul Adha 1437 Hijriyah di  Jorong Simomonen Hilir dan Kampung Palangeh, Nagari Langung Kecamatan Rao Utara, Kabupaten Pasaman.

Ketika di daerah lain, di masjid atau musala bahkan di rumah-rumah pribadi mengalir darah he­wan kurban, di dua jorong ini justru senyap senyap saja. Usai melaksanakan ibadah salat Ied, warga kembali ke rumah masing-masing, sam­bil menunggu jatah daging dari kampung  tetangga.  Tahun lalu, warga masih bisa memotong satu ekor kambing. Ta­pi tahun ini tak ada sama sekali.

Baca Juga : SKB 3 Menteri Terkait Pemakaian Seragam siswa Perlu Ditinjau Ulang

Padahal, pada hari Raya Idul Adha 1437 ini, total he­wan yang disembelih di Kabupaten Pasaman mencapai 1. 243 ekor sapi, kerbau dan kambing. Namun tak seekor pun  mam­pir di dua jorong ini. Se­mentara di sejumlah masjid dan musala, justru kelebihan hewan kurban.

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 09 Februari 2021 - 14:07:37 WIB

    SKB 3 Menteri Terkait Pemakaian Seragam siswa Perlu Ditinjau Ulang

    SKB 3 Menteri Terkait Pemakaian Seragam  siswa Perlu Ditinjau Ulang Ternyata persoalan pemakaian jilbab bagi siswi Non Muslim di SMKN 2 Padang,  belum berakhir. Pemberitaannya hiruk pikuk dan viral  diperbincangkan secara nasional dalam dunia pendidikan. Sampai Mendikbud terpancing angkat b.
  • Kamis, 04 Februari 2021 - 14:45:37 WIB

    Jangan Ikuti! Iblis Penebar Hoaks Pertama

    Jangan Ikuti!  Iblis Penebar Hoaks Pertama Kita barangkali akrab dengan cerita Nabi Adam ‘alaihissalam diciptakan oleh Allah SWT sebagai khalifah. Melalui anugerah ilmu, Allah memuliakan Nabi Adam di atas malaikat dan iblis..
  • Senin, 01 Februari 2021 - 16:58:52 WIB

    Surau Inyiak Djambek, Warisan Gerakan Pembaruan Pemikiran Islam

    Surau Inyiak Djambek, Warisan Gerakan Pembaruan Pemikiran Islam Syekh Muhammad Djamil Djambek adalah ulama pelopor pembaruan Islam dari Sumatra Barat awal abad ke-20, dilahirkan pada tahun 1860 di Bukittinggi, terkenal sebagai ahli ilmu falak terkemuka..
  • Senin, 04 Januari 2021 - 09:37:20 WIB

    Prabowo dan Habib Rizieq

    Prabowo dan Habib Rizieq Partai Gerindra sungguh seperti berkayuh di antara dua karang dalam bersikap terhadap kasus yang dialami Habib Rizieq Sihab (HRS), Ormas dan pengikutnya sekarang ini. .
  • Kamis, 31 Desember 2020 - 20:46:02 WIB

    Catatan Akhir Tahun (4): Selamat Tinggal Tahun Kelam

    Catatan Akhir Tahun (4): Selamat Tinggal Tahun Kelam TAHUN 2020 segera akan berakhir. Tahun 2021 segera akan tiba. "Selamat tinggal tahun 2020. Selamat tinggal tahun kelam. Selamat tinggal tahun yang penuh dengan kepahitan hidup. .
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]