BMKG PREDIKSI HUJAN TURUN TIAP HARI

Waspada Banjir September–Desember


Jumat, 16 September 2016 - 04:29:42 WIB
Waspada Banjir September–Desember

PADANG, HALUAN — Waspada. Prediksi  Badan Meteorologi Klima­tologi dan Geofisika (BMKG), akhir September hingga Desember 2016, hujan akan turun tiap hari di wilayah Kota Padang dan sejumlah daerah di Sumbar. Dan itu akan berlangsung pada pagi, siang dan sore hari. Alamak, banjir dan longsor kini mengancam warga.

Kepala Seksi (Kasi) Observasi dan Informasi BMKG Ketaping, Padang Pariaman Budi Iman Samiaji kepada Haluan Kamis (15/9) di Padang mengatakan, kondisi ini terjadi karena memang pada bulan tersebut telah memasuki musim basah atau peng­hujan di Sumbar. Sehingga ada atau tidaknya La Nina, seperti yang santer diberitakan, kawasan Sum­bar secara umum akan diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

Baca Juga : Hari Pertama Kerja Usai Lebaran, Pemko Padang Sidak Kehadiran ASN

“Itu hampir setiap hari ada hujan. Apakah itu pada pagi, siang, sore, dan bahkan hingga dini hari. Paling tinggi itu intensitasnya pada siang hingga sore hari,” katanya. Dengan kondisi ini kata Budi, warga yang berada di kawasan rawan banjir dan longsor untuk dapat meningkatkan kewas­padaan. “Kalau kami lihat itu, kondisi cuaca akan sama seperti Agustus lalu yang sempat meren­dam Kota Padang,” ujarnya.

Dikatakan, untuk cuaca eks­trim sudah dapat dilihat pada akhir-akhir September. Dimana akan ada perubahan cuaca yang signifikan di beberapa wilayah di Sumbar.

Baca Juga : Libur Lebaran Usai, Dinkes Kota Padang: Masyarakat Harus Lakukan Tes Swab

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar Nasridal Patria, meminta agar masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaan, ter­utama bagi daerah yang rawan banjir dan longsor di Sumbar. “Kita kan memang hidup ber­dam­pingan dengan bencana di Sumbar ini. Jadi, ya harus tetap waspada,” ujarnya.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]