KULIAH UMUM KETUA MPR RI DI IAIN IMAM BONJOL

Penerapan Nilai-nilai Pancasila Masih Lemah


Sabtu, 17 September 2016 - 02:14:25 WIB
Penerapan Nilai-nilai  Pancasila Masih Lemah REKTOR IAIN Imam Bonjol Padang, menyerahkan cenderamata kepada Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan. (MELATI OKTAWINA)

PADANG, HALUAN — Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan menekankan pentingnya penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sejauh ini terang Zulkifli, penerapan sila-sila Pancasila jauh dari harapan. Pancasila tak lebih dari sekedar lambang semata.

“Kehadiran Pancasila se­karang, tidak lagi berasal dari hati nurani bangsa. Bukti dari semua itu ialah tidak apli­katifnya sila-sila yang ter­kandung dalam Pancasila di kehidupan masyarakat,” kata Zulkifli saat memberikan ku­liah umum di IAIN Imam Bonjol Padang, Jumat (16/9).

Seluruh nilai-nilai yang terkandung dalam setiap butir Pancasila pungkas Zulkifli, sejatinya menjadi nilai luhur yang apabila diim­ple­men­tasi­kan ke dalam kehidupan, akan membawa bangsa In­donesia menuju negara yang maju, sejahtera dan ber­keadilan. Namun kenya­ta­annya, pene­rapan pancasila masih jauh panggang dari api.

“Yang terjadi kini bukan penerapan pancasila, me­lain­kan pergeseran Pancasila. Ketuhanan yang menjadi pilar utama moralitas, telah diganti dengan keuangan. Kema­nu­siaan yang akan me­wu­judkan masyarakat yang ideal, telah diganti dengan kebia­da­ban. Semangat pers­atuan telah beru­bah menjadi perpecahan, permu­sya­wa­ratan sebagai sikap keke­luargaan sudah jarang dila­ku­kan. Sementara keadilan sosial telah berubah menjadi ke­culasan dan keserakahan,” ujar Zulkifli membeberkan per­geseran nilai-nilai Pan­calisa.


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 19 Mei 2020 - 16:19:56 WIB

    Satpol PP Ikut Amankan dan Pastikan Penerapan PSBB oleh Penerima BLT di Kantor Pos

    Satpol PP Ikut Amankan dan Pastikan Penerapan PSBB oleh Penerima BLT di Kantor Pos HARIANHALUAN.COM - Memastikan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tetap berjalan, Pol PP Padang melakukan sidak ke sejumlah kantor pos yang merupakan lokasi pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT)..
  • Senin, 24 Februari 2020 - 07:02:28 WIB

    HIPMI Kota Padang Minta Penerapan Jam Malam Dikaji Ulang

    HIPMI Kota Padang Minta Penerapan Jam Malam Dikaji Ulang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Perda Jam Malam yang sebentar lagi bakal ketuk palu oleh DPRD Kota Padang dan Pemerintah Kota (Pemko) Padang. Namun, hal itu perlu dikaji ulang kembali. .
  • Rabu, 12 Juni 2019 - 23:40:59 WIB

    Penerapan Full Day, Pemko Padang Bangun 500 RKB Tiga Tahap

    Penerapan Full Day, Pemko Padang Bangun 500 RKB Tiga Tahap PADANG, HARIANHALUAN.COM – Wakil Walikota Padang, Hendri Septa mengatakan, Pemko Padang menargetkan membangun 500 ruang kelas baru dalam lima tahun masa jabatan. Hal ini untuk mengoptimalkan proses pendidikan dan dapat mela.
  • Selasa, 01 November 2016 - 01:40:09 WIB

    Penerapan Wisata Halal Butuh Waktu

    PADANG, HALUAN — Sum­bar boleh berbangga, berhasil meraih salah satu predikat wisata halal Indonesia. Bahkan Sumbar juga mewakili In­donesia dalam World Best Halal Tour Operator (Ero Tour) dan World Best Halal Des­tinat.
  • Selasa, 20 September 2016 - 22:21:11 WIB
    Saran Wakil Rakyat

    Penerapan Kacau, Pemko Padang Harus Tunda Parkir Meter

    Penerapan Kacau, Pemko Padang Harus Tunda Parkir Meter Waktu sebulan tidak cukup untuk sosialisasi. Jangankan parir meter, penerapan kartu Brizzi Trans Padang saja butuh waktu lama sosialisasinya. Lima bulan tak cukup. Apalagi parkir meter.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]