PERSIAPAN JADI UIN

IAIN IB Padang Miliki 17 Guru Besar


Senin, 19 September 2016 - 02:46:28 WIB
IAIN IB Padang Miliki 17 Guru Besar

PADANG, HALUAN — Sa­at ini Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN IB) Padang memiliki 17 guru besar. Sebelumnya pada saat akan mengajukan untuk men­jadi Universitas Negeri Islam (UIN) terdapat 25 guru be­sar, namun karena ada yang pen­siun dan meninggal se­hing­ga saat ini tinggal 17 orang.

Rektor IAIN Imam Bon­jol Padang Eka Putra Wirman mengatakan dengan 17 guru besar yang dimiliki saat ini sudah memenuhi syarat bagi IAIN menjadi UIN. Guru besar tersebut banyak yang berasal dari luar Sumatera Barat. “17 guru besar ter­sebut untuk menjadi UIN, rasionya sudah ngepas,” ucapnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bau Mulut, Banyak Minum Air Putih saat Berbuka

Sebanyak 17 guru besar tersebut menurutnya prod­u­k­­tifitasnya telah teruji. Me­reka berasal dari berbagai jurusan seperti pendidikan Islam, sejarah, perbandingan agama, dan tafsir hadist. Mereka rata-rata merupakan alumni di luar Sumatera Barat dan dari luar negeri seperti timur tengah.

Terkait target menjadi UIN, Eka menyanggupinya pada November tahun 2016 ini. Segala persiapan sudah dilakukan oleh IAIN Imam Bonjol Padang.

Baca Juga : Hadiri Wirid di Perumda AM Padang, Hendri Septa Ajak Tingkatkan Kepedulian

“Diperkirakan tanggal 29 November IAIN sudah bisa menjadi UIN bertepatan dengan ulang tahun IAIN yang ke-50 tahun. Mudah-mudahan pada ulang tahun ini IAIN akan mendapatkan Surat Keputusan (SK) men­jadi UIN,” ucapnya.

Eka berharap kepada ma­ha­siswa nantinya setelah IAIN menjadi UIN, bisa meningkatkan kualitas diri. Sehingga nantinya akan men­jadi univeritas yang bermutu. Tidak hanya mengharapkan perubahan status, namun mahasiswa pun harus ikut serta agar dapat menjadi UIN yang sebenarnya.

Baca Juga : Pemko Padang Gelar Bimtek PPRG Tahun 2021

Selain itu IAIN sendiri pun harus meningkatkan mutu. Banyak aspek mutu yang akan ditingkatkan se­perti sarana dan prasarana, kompetensi dosen, kom­pe­ten­si tenaga pendidikan, kultur akademik dan banyak hal lain lagi yang mesti dila­kukan peningkatan.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]