Jokowi: Percepat Realisasi Hutan Tanaman Rakyat


Kamis, 22 September 2016 - 03:44:53 WIB
Jokowi: Percepat Realisasi Hutan Tanaman Rakyat Presiden Jokowi.

JAKARTA, HALUAN — Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas dengan bahasan perhutanan sosial di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (21/9). Dalam pembukaan rapat, Jokowi menyoroti realisasi hutan tanaman rakyat (HTR) yang masih belum optimal. Dari target 5,4 juta hektare, baru terealisasi sebanyak 13 persen atau 702 ribu hektare pada 2014. 

“Sedangkan izin Hutan Tanaman Rakyat diterbitkan Bupati hanya 188 ribu hektare desa, dan hutan kemasyarakatan ditargetkan 2,5 juta hektare namun realisasinya baru mencapai 610 ribu hektare atau 24,4 persen,” ujar Jokowi.

Karena itu, Jokowi menginstruksikan agar kebijakan kehutanan sosial diarahkan kepada pembukaan akses bagi masyarakat sekitar kawasan hutan. Selain itu, sosialisasi kebijakan tersebut juga harus digalakkan. 

“Segera sosialisasikan kebijakan kehuta­nan sosial yang memberikan akses ruang kepada sumber daya hutan bagi warga masyarakat di sekitar kawasan hutan,” ucapnya.  Jokowi mennyebutkan, ada 25.463 desa di dalam kawasan hutan di Indonesia, dan 71 persen beban hidupnya bersumber dari sumber daya hutan. Dari jumlah desa tersebut, ada sekitar 10,2 juta rakyat miskin di kawasan hutan yang tidak memiliki aspek legal terhadap sumber daya hutan. Untuk itu, penyederhanaan regulasi dan pembukaan akses perhutanan sosial sangat diperlukan.  (h/okz)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]