Banjir Bandang di Garut, 1.000 Warga Diungsikan


Kamis, 22 September 2016 - 03:45:47 WIB
Banjir Bandang di Garut, 1.000 Warga Diungsikan PERMUKIMAN di Kampung Cimacan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, disapu bandang, Rabu (21/9). BNPB mencatat ada sekira 1.000 orang pengungsi akibat banjir tersebut.

JAKARTA, HALUAN — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada sekira 1.000 orang pengungsi yang terdampak banjir bandang di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (21/9) dini hari.

Kepala Pusat Data In­for­masi dan Humas BNPB, Suto­po Purwo Nugroho mengat­akan, dari ribuan pengungsi telah dievakuasi di beberapa tempat seperti Markas Korem 06 Garut dan di sejumlah tempat lainnya.

“Pengungsi mencapai 1.000 yang kami tempatkan di Makorem 06, Apotek Wira Prima, RS Guntur, dan posko sekretaris daerah pengungsi,” ujarnya di Kantor BNPB, Jalan Pramuka Kav 38, Matraman, Jakarta Timur, Rabu (21/9).

Sutopo menyebutkan, jum­lah pengungsi diperkirakan akan terus bertambah karena hingga saat ini petugas gabu­ngan masih melakukan eva­kuasi di lokasi yang terdampak banjir.

“Ini (pengungsi) akan terus bertambah proses pendataan masih terus dilakukan,” ucapnya.

Selain jumlah pengungsi mencapai ribuan, BNPB juga mencatat ada ribuan rumah yang rusak dan hanyut terbawa oleh arus banjir yang begitu hebat. “Diperkirakan ribuan rumah mengalami kerusakan dan ada juga beberapa rumah hanyut,” tuturnya. (h/okz)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]