PILKADA KOTA PAYAKUMBUH

Hari Pertama Tak Ada Balon Mendaftar


Kamis, 22 September 2016 - 03:46:28 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN — Hari pertama pendaftaran Calon Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh periode 2017-2022 yang dibuka Ko­misi Pemilihan Umum se­tem­pat, tidak satupun pasangan bakal calon (Balon) yang me­man­faatkannya. Baik pasangan balon perorangan maupun balon dari koalisi partai politik.

Hal itu dikatakan Ketua KPU Kota Payakumbuh Hetta Mambayu pada Haluan, Rabu (21/9) sore. “Setelah kita tung­gu sampai pukul 16.00 Wib, tidak satupun pasangan calon yang mendaftarkan diri,” te­rang Hetta.

KPU Payakumbuh sendiri, telah membuka pintu lebar-lebar untuk menyambut ke­datangan pasangan calon untuk mendaftarkan diri. Tak hanya itu saja, sejumlah petugas dari kepolisian dan Satpol PP turut berjaga-jaga di kantor KPU untuk mengamankan proses pendaftaran pasangan calon.

Untuk menyemarakkan suasana Pilkada, KPU P­a­y­a­kumbuh juga menghiasai kan­tornya sedemikian rupa. Tirai yang biasanya dipasang pada kegiatan kenduri, turut di­pasang menutupi bagian depan kantor KPU.

Pentas lengkap dengan  organ tunggal dan tenda turut membuat suasana di kantor KPU Payakumbuh iba­rat se­dang menggelar pesta kenduri (Baralek).

“Dekorasi kantor KPU seper­ti sedang  kenduri dan ibarat kita sedang pesta. Ini menandakan kita sedang pesta besar. Bukan pesta kenduri melainkan pesta demokrasi menuju Pilkada Payakumbuh,” ucap Muhammad Khadafi sa­lah seorang komisioner KPU Payakumbuh.

Dijelaskannya, hari per­tama pendaftaran diman­faat­kan oleh tim dari pasangan calon untuk konsultasi. Dari pantauan Haluan di Kantor KPU Payakumbuh, ada bebe­rapa tim dari pasangan calon yang datang ke kantor KPU hanya sekedar menanyakan tentang proses pendaftaran.

Tak hanya datang langsung menemui petugas KPU, ada juga dari tim partai politik  menghubungi komisioner KPU melalui ponselnya.

“Ada yang datang dan ada juga yang menghubungi lewat ponsel untuk konsultasi pen­daf­taran. KPU juga membuka ruangan konsultasi bagi pa­sangan calon,” ucap Khadafi.  (h/ddg)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 14 Juni 2020 - 13:52:51 WIB

    Mulai Hari Ini, Bawaslu Aktifkan Kembali Panwascam Pilkada 2020

    Mulai Hari Ini, Bawaslu Aktifkan Kembali Panwascam Pilkada 2020 HARIANHALUAN.COM -  KPU RI akan memulai kembali tahapan Pilkada 2020 dengan protokol COVID-19. Mulai hari ini Bawaslu RI juga kembali mengaktifkan kembali jajaran pengawas pemilunya..
  • Senin, 01 Juni 2020 - 18:46:55 WIB

    Kesan dan Pesan Anggota DPRD Padang pada Momen Hari Lahir Pancasila

    Kesan dan Pesan Anggota DPRD Padang pada Momen Hari Lahir Pancasila HARIANHALUAN.COM - Hari Lahir Pancasila menjadi momen mempersatukan bangsa, khususnya bagi warga Kota Padang, di tengah wabah pandemi Covid-19, untuk dapat memulihkan ekonomi dan mencapai kemakmuran sesuai yang dicita-citakan.
  • Rabu, 12 Februari 2020 - 09:55:52 WIB

    Siap-siap..! Hari Ini DPR Akan 'Disegel'

    Siap-siap..! Hari Ini DPR Akan 'Disegel' JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Aliansi Tangkap Maling Jiwasraya atau ATMAJA berencana mengadakan aksi di depan Geding DPR siang hari ini..
  • Senin, 30 Desember 2019 - 08:04:17 WIB

    Ahmad Dhani Bebas Hari Ini

    Ahmad Dhani Bebas Hari Ini JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Musisi Ahmad Dhani akhirnya bebas. Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Sri Puguh Budi Utami mengatakan, Dhani akan keluar dari Rumah Tahanan Cipinang, Jakarta Timur hari ini, Senin (30/12.
  • Jumat, 13 Desember 2019 - 19:27:42 WIB

    Begini Ancaman Massa 212 Jika 15 Hari Sukmawati Tak Diproses

    Begini Ancaman Massa 212 Jika 15 Hari Sukmawati Tak Diproses JAKARTA, HARIANHAALUAN.COM - Massa aksi dari Presidium Alumni 212 Jakarta Raya dan Front Pembela Islam (FPI) yang tergabung dalam Aksi Bela Islam Bela Rasulullah memberi tenggat waktu 15 hari bagi kepolisian untuk memproses h.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]