DANA HIBAH KONI KABUPATEN SOLOK TAK KUNJUNG DICAIRKAN

27 Cabor Ancam Boikot Porprov


Kamis, 22 September 2016 - 03:59:21 WIB

AROSUKA, HALUAN — Di tengah kesibukan Kabupaten dan Kota lain yang ada di Sumbar,  mempersiapkan kontingennya menghadapi  Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke XIV di Kota Padang yang rencananya digelar November mendatang, Kabupaten Solok justru terancam batal mengikuti iven dua tahunan itu.

Faktanya, pascadilantik, 25 Agustus 2016 lalu, hing­ga hari ini,  belum ada ke­je­lasan dan kepastian pen­cairan dana hibah KONI Kabupaten Solok yang akan digunakan untuk persiapan menuju Porprov tersebut. Kondisi ini menimbulkan kebimbangan pengurus Ca­bang Olahraga (Cabor) dan atlet yang akan berjuang me­ngangkat prestasi olahraga daerah itu pada Porprov mendatang.

Puncaknya, pada rapat yang digelar antara pengurus KONI, pengurus Cabor dan pelatih di Kantor Sekretariat KONI, Selasa (20/9), seluruh Cabor yang hadir me­nye­pakati akan menarik diri dari kontingen Porprov Ka­bu­paten Solok, jika dana hibah KONI tak jua dicairkan. Ke­sepakatan itu ditegaskan da­lam surat pernyataan ber­sama dari Cabor dan pe­ngurus KONI Kabupaten Solok. “27 Cabor bersama pengurus KONI me­ngul­timatum akan mundur dari Porprov, bila hingga 26 September,  tidak ada keje­lasan tentang pencairan dana,”terang PLH Ketum KONI Kabupaten Solok, Yutiswandi, Rabu(21/9).

Wandi menjelaskan, se­jauh ini pihaknya bersama pe­ngurus lain telah me­nem­puh berbagai upaya agar dana hibah ini segera di­cair­kan. Bahkan, pada pekan lalu pihaknya juga telah mengajukan surat per­mo­honan dari 26 Cabor yang berisi permintaan kepada Bupati untuk segera men­cairkan dana hibah Koni. “Surat itu juga merupakan hasil kesepakatan yang di­ambil dalam rapat pengurus KONI dengan pengurus Ca­bor yang ada di Kabupaten Solok,” katanya.

Namun, jangankan pen­cairan dana hibah, pihak Pemda sebagai Kuasa peng­guna Anggaran melalui Wa­kil Bupati Solok justru ma­kin memperpanjang persoa­lan. Untuk menyelesaikan persoalan ini, pihak Pemda memunculkan tiga opsi un­tuk dipilih.

Opsi pertama berisi, ke­pe­ngurusan yang ada se­karang diakui keab­sahannya dengan konsekuensi Pemda harus siap berhadapan de­ngan DPRD. Opsi kedua, meminta pengakuan dan pengesahan kepada KONI pusat terkait kepengurusan. Sedangkan opsi yang ketiga, pengelolaan dana hibah olahraga diserahkan kepada SKPD terkait yaitu Dis­dik­pora. “Ini aneh, untuk opsi pertama, DPRD sebel­umnya sudah melimpahkan per­soalan ini kepada Pemda. Sementara opsi kedua, KONI Provinsi berkali-kali telah menegaskan bahwa ini tidak ada lagi persoalan, se­men­tara opsi ketiga justru akan menyalahi ketentuan ten­tang penggunaan dana hi­bah,” ujarnya.

Seorang pengurus Cabor mengatakan, kondisi seperti ini menghadirkan kebim­bangan di tengah semangat untuk mendulang prestasi yang lebih baik menuju Porprov yang semakin de­kat. “Padahal kan kurang lebih dua bulan lagi Porprov akan dihelat, kita butuh kepastian,” ungkap ketua Harian Panjat Tebing Ha­ryanto Arbi.

Padahal, ungkapnya, se­harusnya masing masing Cabor sudah harus men­jalani training camp ber­jalan. Semua itu butuh su­port materil dan moril untuk menumbuhkan semangat juang atlet agar prestasi yang dicapai bisa maksimal.

Ia meminta Pemkab So­lok tak memandang sebelah mata terhadap persiapan menuju Porprov karena mar­wah daerah juga akan diper­taruhkan dalam event ter­sebut. “Apa jadinya kalau Ka­bupaten Solok tak me­ngikuti ajang bergengsi ting­kat pro­pinsi ini. Yang akan hancur tak hanya atlet, na­mun juga nama besar K­a­bu­paten Solok di kancah olah­raga Sumbar,” imbuhnya.

Hal senada juga di­sam­paikan Sekum Cabor atletik Kabupaten Solok, Dedet Sudrajat. Ia me­ngung­kap­kan sikap Pemkab terkesan se­olah-olah mem­per­main­kan nasib atlet yang telah berlatih memeras keringat selama ini. “Kami menilai KONI telah dibuat mengemis oleh Pemda. Padahal tugas KONI sebagai induk or­ganisasi olahraga yang mem­bawahi Cabor telah me­la­kukan berbagai upaya untuk mempercepat pencairan da­na hibah ini. Namun tetap tidak ada kepastian, bahkan alasan yang diungkapkan Wabup seolah-olah dibuat-buat,” katanya kesal.

Lantaran itu, kata man­tan atlet penyumbang emas per­tama bagi cabang atletik Kabupaten Solok itu, pihak­nya akan menarik diri ber­sama para atlet dan pelatih, jika Pemda masih bertahan dengan argumentasinya yang tidak masuk akal. Pi­hak­nya bahkan menyebutkan, ke­melut yang melanda induk organisasi olahraga di daerah itu telah memunculkan ge­lombang pindah sejumlah atlet berprestasi Kabupaten Solok ke daerah lain.

“Maaf, bukan saya tak cinta daerah, namun saya tak akan me­ngor­bankan masa depan adik-adik saya yang telah berlatih selama ini. Ini penegasan saya sebagai patriot olahraga,” pungkas Dedet. (h/ndi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 02 Mei 2020 - 21:49:00 WIB

    27 Tahun Silam, Momen Ferguson Ubah Nasib MU di Liga Inggris

    27 Tahun Silam, Momen Ferguson Ubah Nasib MU di Liga Inggris JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Sir Alex Ferguson mengubah nasib Manchester United di Liga Inggris dengan juara edisi pertama Premier League pada musim 1992/1993..
  • Selasa, 18 Oktober 2016 - 01:24:45 WIB
    TEMUKAN BENIH PESILAT ANDAL

    27 Sasaran Silat Ikuti Galanggang Siliah Baganti

    27 Sasaran Silat Ikuti Galanggang Siliah Baganti PADANG, HALUAN — Se­banyak 27 Sasaran Silat ambil bagian dalam Galanggang Si­liah Baganti (GSB) Padang Baralek Gadang, yang digelar di Gelanggang Olahraga PT Semen Padang, mulai 17 hingga 20 Oktober mendatang. Melalui ive.
  • Rabu, 21 September 2016 - 17:57:20 WIB

    Waduh!..Dana Tak Dicairkan, 27 Cabor Kabupaten Solok Ancam Tidak Ikut Porprov

    Waduh!..Dana Tak Dicairkan, 27 Cabor Kabupaten Solok Ancam Tidak Ikut Porprov AROSUKA ,HALUAN--Di tengah kesibukan Kabupaten dan kota mempersiapkan kontingennya menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke XIV di Kota Padang..
  • Jumat, 20 Mei 2016 - 04:07:08 WIB

    27 Pengurus KONI Kabupaten Solok Dicopot

    Arosuka, Haluan — Sebanyak 27 orang pengurus KONI Kabupaten Solok diber­hentikan dengan hormat. Namun, hampir mayoritas pengurus harian dan pengurus cabang olahraga di daerah itu me­nyam­paikan surat mosi tidak percaya t.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]