Desember, Pabrik Indarung VI Mulai Beroperasi


Kamis, 22 September 2016 - 04:04:47 WIB
Desember, Pabrik Indarung VI Mulai Beroperasi Dirut PTSP, Benny Wendry didampingi Kabiro Humas, Nur Anita meninjau kemajuan pembangunan proyek Indarung VI, Rabu (21/9). Pabrik baru Semen Padang itu direncakan untuk dioperasikan pada Desember. (HUMAS)

PADANG, HALUAN  —  PT Semen Padang menjadwalkan pabrik Indarung VI mulai uji coba Desember tahun ini. Saat ini, kemajuan pembangunan megaproyek dengan nilai in­vestasi Rp4,032 triliun itu mencapai 95 persen.

“Insya Allah Desember nanti Indarung VI sudah bisa tes operasi. Rata-rata peker­jaan sekarang tinggal penyele­saian karena sampai Agustus kema­rin progres proyek sudah 93,82 persen. Pada September seka­rang sudah jalan 20 hari, kira-kira proges sudah men­capai 95 persen,” ujar Direktur Utama PT Semen Padang, Benny Wendry didampingi Kepala Biro Humas PTSP, Nur Anita kepada wartawan, Rabu (21/9).

Pabrik Indarung VI diba­ngun berdasarkan amanah dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Semen Gresik (Persero), Tbk pada 16 Juni 2012 dan RUPSLB PT Semen Padang pada 19 November 2012. Pele­ta­kan batu pertama proyek Indarung VI dilaksanakan pada 26 Mei 2014.  Sesuai amanah dua RUPS LB itu, Proyek  Indarung VI dibangun meliputi fasilitas pengelolaan bahan tambang, fasilitas pro­duksi, dan fasilitas pengan­tongan dan distribusi.

Pengerjaan proyek  yang merupakan objek vital nasio­nal dan amanah negara untuk masyarakat Padang dan Sum­bar itu melibatkan kontraktor BUMN dan lokal. Kontraktor BUMN  yang terlibat antara lain, PT Waskita Karya (sipil), PT Adhi Karya (sipil), PT Nindya Karya (sipil), PT Pem­bangunan Perumahan (sipil), PT Wijaya Karya Konstruksi (mekanikal). Sedangkan Kon­traktor swasta, di antaranya, PT Bukaka Teknik Utama (me­kanikal).

Sementara untuk porsi pekerjaan lokal  untuk proyek Indarung VI,  70 persen (ter­diri dari 40 persen dikerjakan bengkel (workshop) PT Semen Padang dan 30 persen oleh vendor lokal lainnya) dan impor 30 persen dari total berat equipment.

Benny mengutarakan, de­ngan beroperasinya  Indarung VI  akan meningkatkan kapa­sitas PT Semen Padang men­jadi 10,5 juta ton. Tambahan produksi itu akan  memberi­kan dukungan terhadap peme­nuhan pasar terutama kebutu­han pasar, terutama di Sumatra dan Jawa bagian barat.

Kemudian, dengan ber­ope­rasinya pabrik ini akan memberi tambahan daya saing bagi Semen Padang, terutama dalam mela­yani permintaan semen nasional sehingga akan meningkatkan kinerja peru­sahaan bagi semua pemangku kepentingan dan pemegang saham.

Bagi masyarakat Sumbar, kata Benny, kehadiran Pabrik Indarung VI juga akan mem­beri efek berganda, selain penyerapan tenaga kerja, pe­ning­katan program CSR, dan dapat mendorong pertumbu­han ekonomi daerah dengan meningkatnya peredaran uang di daerah ini.

“Karena itu, kami mohon dukungan dari masyarakat Sum­bar agar proyek ini segera ber­operasi. Bagaimanapun juga, PT Semen Padang adalah milik bangsa yang harus dijaga oleh se­ge­nap insan bangsa,” harap Benny.

Sementara itu, Senior Ma­na­ger Project Control Risk Management & Quality Assu­rance Proyek Indarung VI, Lilik Agus Sugiyono menam­bahkan, Indarung VI diba­ngun dengan menggunakan teknologi baru yang ramah lingkungan.

Menurutnya, keunggulan Indarung VI ialah menggu­nakan konsep teknologi cang­gih, seperti untuk peralatan labor otomatis. “Alat labor itu otomatis sehingga robot saja yang bekerja mengambil sam­pel bahan. Keunggulannya pasti data laporan hasilnya lebih akurat,” tutur Lilik.

Teknologi lainnya ialah green industry, yang sangat memperhatikan aspek ling­ku­ngan. Semua alat penangkap debu di Indarung VI ini lebih canggih. Seperti bag filter, electrostatic preciptator (EP) serta peralatan pengendalian emisi lainnya sehingga bisa menekan debu keluar sekecil-kecilnya. Begitu juga dengan tata kelola sumber daya air dengan membangun  resir­kulasi dan tendon air se­hing­ga pabrik ini betul-betul ramah lingkungan.

“Progres pembangunan proyek terus berjalan. Bahkan, beberpa unit peralatan sudah diuji coba. Jadi, kami siap uji coba pada Desember. Begitu juga dengan listrik sudah masuk pada 2 September. Mudah-mudahan pengerjaan akhir lancar, Desember mulai beroperasi,” katanya. (h/vid*)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 06 Desember 2019 - 09:47:12 WIB

    Desember, Bulan Efektif untuk Cari Kerja

    Desember, Bulan Efektif untuk Cari Kerja JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sebagai bulan penghujung tahun, Desember memang identik dengan liburan dan perayaan. Di sisi lain, perusahaan sedang sibuk-sibuknya menyelesaikan proyek hingga 'tutup buku'. Membuat banyak orang be.
  • Rabu, 21 November 2018 - 17:43:19 WIB

    11 Desember, Asus Luncurkan Smartphone Khusus Gamers Generasi Kedua

    11 Desember, Asus Luncurkan Smartphone Khusus Gamers Generasi Kedua JAKARTA, HARIANHALUAN.COM--Para penyuka mobil game tampaknya bakal mendapat kejutan di akhir tahun ini. Betapa tidak, ASUS Indonesia secara resmi mengumumkan tanggal perilisan smartphone gaming terbaru mereka, yaitu ZenFone M.
  • Rabu, 13 Desember 2017 - 23:31:04 WIB

    16 Desember, Sky House BSD+, Rumah Pintar Grand Launching

    16 Desember, Sky House BSD+, Rumah Pintar Grand Launching JAKARTA, HARIANHALUAN.COMĀ - Kehadiran Sky House BSD+, sebuah proyek spektakuker, ternyata tidak hanya menggemparkan masyarakat Tangerang dan Jakarta, tapi juga seluruh pemerhati properti tanah air..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]