Lima Puskesmas Diharapkan Terakreditasi


Kamis, 22 September 2016 - 04:16:24 WIB
Lima Puskesmas  Diharapkan Terakreditasi TIM Surveior Dinkes RI bersama Asisten II, Amriul, dan Kadinkes, Elzadaswarman saat diskusi akreditasi di Puskesmas Tarok, Rabu (21/9). (ZUL)

PAYAKUMBUH, HALUAN — Dinas Ke­sehatan Kota Payakumbuh tahun ini mengajukan Pus­kesmas Tarok  Payakumbuh Utara untuk mendapatkan sertifikasi terakreditasi. Sebelumnya, Puskesmas Padang Karambia di Ke­camatan Payakunbuh Sela­tan, tahun 2015 lampau sudah terakreditasi.

Sejak Senin lalu, selama tiga hari, hingga Rabu (21/9), tim akreditasi nasio­nal berada di Kota Paya­kumbuh untuk melakukan penilaian.

Sebelumnya, tim sudah memberikan pen­jelasan ke­pa­da jajaran Din­kes Paya­kumbuh dan Puskesmas Tarok, seputar yang akan menjadi pe­r­hatian tim akreditasi pusat.

Dalam penilaian itu, Kementerian Kesehatan RI menurunkan tiga tim penilai ke Payakumbuh. Mereka adalah Gayo Melkior Gul­tom, Susillawarny dan dr. Lisa Maryani. Untuk men­dapatkan sertifikasi akre­ditasi itu, tim tak akan bisa diintervensi. Penilaiannya sangat objektif sekali, sesuai dengan ketentuan berlaku.

‘Apakah Puskesmas Ta­rok akan lolos mendapatkan sertifikat akreditasi, semua­nya ditentukan dengan ting­kat pelayanan yang dimiliki puskesmas serta fasilitas kesehatan yang ada. “Kita tidak melakukan rekayasa-rekayasa dalam penilaian ini,” ujar Kadiskes Paya­kumbuh, Elzadaswarman, Rabu (21/9).

Menurut Elza­das­war­man, pihaknya dalam tahun berjalan ini, mengusulkan 5 puskesmas dari 7 puskesmas yang belum terakreditasi. Sesuai jadwal Dinkes RI, hingga Desember nanti, pihaknya akan menurunkan tim suverisor ke Paya­kum­buh secara bergantian. Tar­get nasional 2019 men­datang, seluruh puskesmas di Indonesia sudah tera­kreditasi.

Dikatakannya, dua pus­kesmas yang dirancang men­dapatkan akreditasi dk tahun 2018, adalah Pus­kesmas Ibuah di Paya­kum­buh Barat dan Puskesmas Lampasi di Kecamatan Lati­na. Kedua puskesmas ter­sebut saat ini tengah men­jalani rehab berat.

“Puskesmas perlu dike­lola dengan baik, karena masyarakat menghendaki pelayanan kesehatan yang aman dan bermutu serta dapat menjawab kebutuhan mereka. Upaya peningkatan mutu, manajemen resiko dan keselamatan pasien perlu diterapkan dalam pe­ngelolaan puskesmas,” ulas Elzadaswarman.(h/zkf)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]