Objek Wisata Ngalau Indah Kurang Peminat


Kamis, 22 September 2016 - 04:17:20 WIB
Objek Wisata Ngalau Indah Kurang Peminat Objek Wisata Ngalau Indah, pengunjung dapat menemukan sebuah Goa Alam dimana di dalamnya terdapat Stalagtit dan Stalagmit yang menghias ruangan goa dan menjadikannya berbagai macam bentuk seperti batu tirai.

PAYAKUMBUH, HALUAN — Objek Wisata Ngalau Indah Payakumbuh berbentuk Goa, saat ini terkesan kurang diminati pengunjung.

Hal ini salah satunya disebabkan tidak ada pe­ngembangan dari Pemko melalui Dinas Parpora setem­pat. Walau pada kawasan itu terdapat hutan hijau lindu dan di dalam goa Ngalau Indah terdapat bebatuan stalagtit dan stalagmit.

Informasi yang dihimpun di lokasi Ngalau Indah, Rabu (21/9), memang kunjungan ke objek wisata itu menurun, kecuali hari libur nasional seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Penyebabnya karena hanya goa semata yang dili­hat serta pemandangan se­kitarnya. Sekali orang ber­kunjung ke lokasi, kunjungan itu diprediksi tidak terulang kembali.

Salah seorang warga kota Payakumbuh, Widiat, yang diminta pendapatnya ke­marin, menyebutkan, ke­mungkinan warga yang per­nah berkunjung tapi tak terulang kembali, perlu dian­tisipasi. Kalau dapat orgen tunggal dan kesenian tra­disional lain digelar di lokasi, utamanya pada hari libur, sehingga membuat pe­ngun­jung puas dan mereka akan datang kembali.   

“Jika kita belum pernah berkunjung memasuki Goa memang menakjubkan, kita disuguhi oleh pemandangan yang indah. Di dalam goa terdapat bebatuan yang ter­bentuk dari proses alam. Goa ini masih alami sehingga ketika masuk kedalam goa akan terdengar suara riuh kelelawar sepanjang waktu,” ujar Widiat kerena sudah pernah melihat ke lokasi tersebut. 

Dikatakan, keindahan dinding dan bebatuan alam yang menyerupai bentuk gajah dan salah satu batu yang paling terkenal di dalam Goa ini adalah batu Kelambu dan keunikan bebatuan lain­nya yang terbentuk dari pro­ses alami. Dinding yang berwarna hijau di dalam Goa Ngalau Indah bukan karena dicat, namun karena adanya lumut dan proses alami.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Par­pora) Kota Payakumbuh, Elfriza Zaharman yang hen­dak dikonfirmasi sekaitan kurangnya minat pengunjung ke Ngalau Indah, belum dapat ditemui. Ketika dihubungi ke kantornya siang kemarin, yang bersangkutan sedang tidak ada ditempat.

Namun dalam pro­mo­sinya, objek wisata Ngalau Indah sudah menjadi tempat wisata kebanggaan Kota Pa­ya­kum­buh, karena memiliki pe­ngunjung yang banyak, baik wisatawan domestik maupun mancanegara, se­hingga peme­rintah setempat membangun beberapa sarana atau fasilitas untuk mem­permudah dan memuaskan hati pengunjung. Seperti penerangan di dalam goa menggunakan lampu, anak tangga untuk mempermudah naik dan turun, taman ber­main yang luas, tem­pat parkir dan warung makan dan tiket masuk ke goa terjangkau. (h/zkf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 17 Maret 2020 - 14:04:33 WIB

    Khairul Serahkan Tanah Objek Wisata Nyiur Melambai ke Pemkab Pessel

    Khairul Serahkan Tanah Objek Wisata Nyiur Melambai ke Pemkab Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Drs.Khairul, menyerahkan sebidang tanah kepada Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan yang berlokasi di areal objek wisata Nyiur Melambai, Kecamatan.
  • Kamis, 23 Januari 2020 - 20:50:54 WIB

    Objek Wisata Alam Sungai Dadok Berpotensi Dikembangkan

    Objek Wisata Alam Sungai Dadok Berpotensi Dikembangkan LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM—Dana desa/nagari yang tersedia di nagari telah mampu membuat pemerintahan nagari bersama perangkatnya untuk mengembangkan objek wisata, termasuk Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh. Ob.
  • Kamis, 02 Januari 2020 - 17:02:58 WIB

    Baru Dibuka, Objek Wisata Desa Tungkal Padat Pengunjung

    Baru Dibuka, Objek Wisata Desa Tungkal Padat Pengunjung PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Objek wisata di Dusun Hulu Banda, Desa Wisata Tungkal Selatan Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman mulai ramai di kunjungi masyarakat untuk menikmati permainan Sepeda Gantung, flying Fox dan Bal.
  • Kamis, 05 September 2019 - 12:44:21 WIB

    Pantas Tak Berkembang, Ternyata Tak Ada Dana Pemeliharaan Objek Wisata di Pasaman

    Pantas Tak Berkembang, Ternyata Tak Ada Dana Pemeliharaan Objek Wisata di Pasaman PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Pasaman masih terkendala minimnya anggaran. Lebih mirisnya lagi di tahun ini dana pemeliharaan untuk dua objek wisata di daerah itu nol alias kosong. .
  • Ahad, 19 Mei 2019 - 16:23:41 WIB

    Rp16 Miliar Disiapkan untuk Benahi Objek Wisata Pantai Air Manis

    Rp16 Miliar Disiapkan untuk Benahi Objek Wisata Pantai Air Manis PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Anggaran sebesar Rp16 milliar sudah disiapkan Pemerintah Kota (Pemko) Padang dan Pemerintah Pusat untuk membenahi onjek wisata Pantai Air Manis. Anggaran tersebut, Rp15 milliar dari pemerintah pusa.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM