50 Kepala Daerah Berkumpul di Padang


Kamis, 22 September 2016 - 04:21:25 WIB

PADANG,HALUAN — Se­banyak 50 bupati dan walikota se-Indonesia akan hadir di Kota Padang, Selasa (27/9). Diantara 50 bupati dan walikota itu tercantum diantaranya nama Walikota Bandung Ridwan Kamil, Walikota Surabaya Tri Rismaharini dan Walikota Tangerang Selatan Airin Rac­hmi Diani.

Kedatangan bupati dan walikota ini dalam rangka mengikuti Pertemuan Tingkat Tinggi Walikota Indonesia ke-6 untuk Kota Inklusif. Per­temuan ini akan dilangsungkan 27 hingga 30 September 2016.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Kota Padang, Mur­salim membenarkan bahwa 50 bupati dan walikota akan hadir dalam pertemuan tersebut. Menurutnya, dalam daftar undangan yang diterima, 38 walikota dan 12 bupati dipasti­kan mengikuti pertemuan kota inklusif se-Indonesia itu.

“Selain walikota dan bupati, juga akan hadir perwakilan dari pemerintah pusat, pemprov Sumatera Barat, Direktur dan Ketua Dewan Pengurus APE­KSI, organisasi penyandang disabilitas, UNESCO, dan lainnya,” terang Mursalim, Rabu (21/9).

Seperti diketahui, rencana pertemuan kota inklusif di Padang telah diawali dengan pertemuan antara jajaran pim­pinan UNESCO dengan Wali­kota Padang H. Mahyeldi Ans­harul­lah Dt Marajo di Padang, Juli lalu.  Dalam pertemuan itu dibahas tentang kesiapan Pa­dang sebagai tuan rumah. Rencananya sebanyak 300 peserta akan hadir pada pe­r­temuan tersebut.

“Dalam Pertemuan Tingkat Tinggi Walikota Indonesia ke-6 untuk Kota Inklusif itu nanti­nya akan digelar presentasi Kota Padang dalam mem­fasilitasi keberadaan penyan­dang disabilitas. Sedangkan narasumber akan didatangkan dari luar negeri,” ujarnya.

Tidak itu saja, dalam per­temuan itu juga ditandatangani nota kesepahaman antara Kota Padang dengan UNESCO ten­tang inklusi sosial penyandang disabilitas. Termasuk meres­mikan jalan Permindo sebagai kawasan ramah disabilitas.

Adapun kota dan kabu­paten yang akan hadir dalam pertemuan kota inklusif di Padang pada 27-30 September ini diantaranya, Kabupaten Agam, Kabupaten Dhar­mas­raya, Kota Bukittinggi, Kabu­paten Lima Puluh Kota, Kota Padang Panjang, Padang Paria­man, Pasaman, Pasaman Barat, Payakumbuh, Pesisir Selatan

Ambon, Banda Aceh, Ban­dung, Banjarmasin, Batam, Bengkulu, Denpasar, Depok, Dumai, Jakarta Pusat, Jambi, Jayapura, Kepulauan Men­tawai, Kupang, Makassar, Medan, Metro. Kemudian, Mojokerto, Lampung, Lho­k­seumawe, Pagar Alam, Pa­lem­bang, Palu, Pangkal Pinang, Pekanbaru, Pematang Siantar.

Selain itu juga hadir dari, Pontianak, Sawahlunto, Si­junjung, Kabupaten Solok, Kota Solok, Solok Selatan, Sungai Penuh, Surabaya, Sura­karta, Tanah Datar, Tangerang Selatan, Tanjung Balai, Tan­jung Pinang, dan Yogyakarta.

“Semoga kegiatan ini dapat berlangsung dengan aman, ”ucapnya. (h/mg-mel)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]