Pelayanan Publik Rendah


Kamis, 22 September 2016 - 04:30:43 WIB
Pelayanan Publik Rendah Gubernur Sumbar Irwan Prayitno disaksikan Kepala Ombudsman RI Amzulian Rivai dan Kepala Perwakilan Ombudsman Sumbar Yunafri, saat memukul gong tanda dimulainya kegiatan Sumbar Public Service Exspo 2016, Rabu (21/9). (RINA AKMAL)

PADANG, HALUAN — Sampai dengan September 2016, Om­buds­man Sumbar sudah menerima seba­nyak 273 laporan terkait pelayanan publik. Pengaduan didominasi ren­dahnya pelayanan publik di sektor pendidikan, infrastruktur, kepega­waian, kepolisian dan kesehatan.

Kepala Perwakilan Ombudsman Sumbar Yunafri mengatakan, dengan banyaknya laporan terhadap se­jumlah bidang pelayanan publik itu, membuktikan masih lemahnya pela­yanan yang diberikan kepada mas­yarakat.

Untuk itu, ke depan ia berharap agar pelayanan pada masyarakat diberikan secara maksimal dan saling menghargai antara masyarakat dengan instansi terkait. “Perubahan mindset juga harus dilakukan, karena yang terjadi selama ini adalah mind­set ingin dilayani bukan melayani,” ujarnya pada acara Sumbar Public Service Exspo 2016 di Gedung Rang­kayo Basa Padang, Rabu (21/9).

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat membuka secara langsung acara tersebut menyam­paikan apresiasinya terhadap acara Sumbar Public Service Exspo 2016 ini. Selain itu, menurutnya kegiatan ekspo ini merupakan media untuk sosialisasi dan memotivasi agar selalu memberikan pelayanan terbaik kepa­da publik.

“Mudah-mudahan dengan ada­nya Sumbar Public Service Exspo ini akan semakin meningkatkan pelaya­nan kepada masyarakat. Tentunya dengan memberikan pelayanan ter­baik. Intinya, komitmen dan atensi harus ditingkatkan untuk membe­rikan pelayanan yang maksimal pada publik,” jelasnya.

Dengan adanya pengawasan dari Ombudsman, ia berharap dapat memberikan motivasi kepada semua pihak untuk peningkatakan pelaya­nan publik di Sumbar. Serta, adanya komitmen dari kepala daerah, SKPD dan semua pihak yang memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Ia juga mengusulkan, perlu ada­nya inovasi seperti menggunakan teknologi untuk pelayanan sehingga pelayanan menjadi cepat, mudah singkat dan menyenangkan bagi masyarakat yang menerima pelayanan.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Ombudsman RI Amzulian Rivai, Kepala Perwakilan Ombudsman Sumbar Yunafri, Forkopimda Sum­bar, Instansi Vertikal di Sumbar dan SKPD dilingkungan Pemerintah Provinsi dan Kab/Kota se-Sumbar. (h/rin)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]