FORUM NAGARI BINAAN SEMEN PADANG

Dorong Pembangunan dengan Memberdayakan Masyarakat


Kamis, 22 September 2016 - 09:47:40 WIB
Dorong Pembangunan dengan Memberdayakan Masyarakat Kepala Departemen KSU PT Semen Padang Iskandar Z. Lubis memberikan Materi saat Pembukaan Workshop Forum Nagari di Wisma Indarung, Komplek PT Semen Padang, Rabu (21/9). HUMAS PTSP

PADANG, HALUAN.com – Forum Nagari yang didirikan PT Semen Padang melalui program CSR sangat bermanfaat, terutama dalam mendorong pembangunan di Nagari/kelurahan.

Hal itu diakui Jhony Syafrianto, salah seorang pengurus Forum Nagari Kelurahan Beringin saat kegiatan Workshop BMN CSR Semen Padang di Wisma Indarung, kompleks PT Semen Padang, Rabu (21/9).

“Bahkan, masyarakat menyambutnya dengan antusias program-program yang digagas Forum Nagari ini. Karena program pemberdayaan melalui Forum Nagari itu tidak bersifat sementara, tapi berkelanjutan," kata Jhony.

Kepala Departemen Komunikasi dan Sarana Umum (KSU) PT Semen Padang, Iskandar Z Lubis pada kesempatan itu mengatakan, Forum Nagari yang merupakan wadah perhimpunan Lembaga-lembaga Sosial Ekonomi Masyarakat, Kerapatan Adat Nagari dan pemangku kepentingan.

Pembentukannya diprakarsai PT Semen Padang diawali dengan adanya kesepakatan dalam bentuk deklarasi di Bukittinggi, 31 Januari 2015 lalu. Saat ini, di Kecamatan Lubuk Kilangan telah terbentuk sebanyak tujuh Forum Nagari Kelurahan.

Forum Nagari yang dibentuk CSR Semen Padang itu tidak hanya disemua kelurahan yang ada di Kecamatan Lubuk Kilangan, tapi juga ada di beberapa kelurahan yang ada di Kecamatan Pauh dan Lubeg.

“Keberadaan Forum Nagari di kelurahan dan kecamatan ini bukan menggantikan peran atau fungsi pemerintah. Namun, Forum Nagari ini untuk memperkuat peran pemerintah dalam hal pemberdayaan masyarakat,” ujar Iskandar saat Pembukaan Workshop yang juga dihadiri Camat Luki, Yalmasri, seluruh Lurah di Kecamatan Luki, pengurus Forum Nagari Kelurahan, LCO Forum Nagari dan sejumlah staf CSR Semen Padang, termasuk Konsultan CSR, Iskandar Sembiring sebagai pemateri workshop.

Untuk itu, lanjut Iskandar, melalui kegiatan Workshop Forum Nagari dengan tema "Harmonisasi, Sinergitas Kemandirian dan Keberlanjutan" itu diharapkan semakin kuat lagi sinergi Forum Nagari dengan berbagai pihak dalam mewujudkan pembangunan di daerahnya.

Sementara itu, Konsultan CSR, Iskandar Sembiring mengatakan, ke depan Forum Nagari khususnya di Lumbung Keuangan Nagari, harus lebih aktif menyerap dana dari pihak lain. "Jangan hanya dari CSR Semen Padang saja, dari sumber lain seperti pemerintah dan perbankan juga harus diserap," kata Iskandar Sembiring. (h/vid*)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]