PPNS Disperindag Bintan Temukan Produk Tak SNI


Jumat, 23 September 2016 - 02:23:26 WIB

BINTAN, HALUAN — Penyidik Pega­wai Negeri Sipil (PPNS) Dinas Perin­dustrian dan Perdagangan (Dispe­rindag) Bintan, Setia Kurniawan kaget  melihat banyaknya produk eletronik yang tak memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI) masih dijual para pedagang khu­susnya di Tan­junguban, Bintan Utara, Rabu (21/9).

Dari hasil inspeksi mendadak itu, kata pria yang akrab disapa Iwan, mendapati produk yang dijual, seperti kipas angin merk Vornado, lampu elektrik merk Mito dan kabel listrik untuk kebutuhan rumah tangga tak berstempel SNI, sehingga penjualan produk tersebut kepada kon­sumen dinilai sangat merugikan, karena belum memiliki standarisasi yang aman.

Ia pun meminta, agar para pe­dagang kooperatif dalam menyikapi persoalan yang dapat merugikan konsumen itu. Sebab, bukan tak mungkin produk yang dijualnya bisa menimbulkan kerugian material karena tak SNI.

“Jadi, saya minta barang yang tidak ada SNI untuk tidak dijual lagi. Karena mem­bahayakan dan me­rugikan konsumen,” tegas Iwan, usai melakukan sidak di beberapa toko elektronik di Tanjunguban.

Ia menyarankan kepada para pedagang juga mesti jelih dalam memasok barang, terlebih barang yang dipasok dari dis­tributor dalam jumlah banyak. Selain itu, Iwan berharap, kepada distributor agar melakukan pengurusan Surat Pen­daftaran Tanda (SPT) SNI, agar barang yang akan diperjualbelikan dapat dijamin keamanan pemakaiannya setelah ada label SNI.

“Kami imbau para pedagang untuk meminta distributor membuat SPT SNI, biar pedagang dan masyarakat tidak dirugikan nantinya,” ujarnya.

Dikatakannya, banyaknya barang tak SNI masih dijual, dikarenakan pasokan dalam jumlah yang banyak dari distributor di Batam membuat pedagang harus menye­tok barang hingga laku. Akibatnya, peda­gang tak begitu paham soal keamanan dan standarisasi keamanan barang, khu­susnya elektronik. Kalau distri­bu­tornya ada di Batam, barangnya ini stok lama yang belum habis. (h/hk)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]