Perompak Bajak Tugboat Global Mandiri, 8 ABK Dibuang ke Laut


Jumat, 23 September 2016 - 02:24:13 WIB
Perompak Bajak Tugboat Global Mandiri, 8 ABK Dibuang ke Laut Sea Rider Lanal Kota Dumai melakukan penyergapan terhadap Tugboat Global Mandiri yang dibajak lima perompak di Perairan Dumai, Kamis (22/9).

DUMAI, HALUAN —Tugboat Global Mandiri dibajak perompak di Perairan Dumai, Riau, Kamis (22/9). Akibat kejadian itu, delapan anak buah kapal (ABK) dibuang ke laut oleh lima orang perompak.

Mendapatkan informasi itu, Pangkalan TNI AL (Lanal) Kota Dumai, langsung menge­rahkan 1 tim Sea Rider untuk melakukan pengejaran perom­pak, serta upaya penyelamatan ABK yang dibuang ke laut.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, sebelum dila­kukan penyergapan oleh 10 anggota Sea Rider, Danlanal Kota Dumai, Letkol Laut (P) Muhammad Risahdi melihat situasi dan kondisi perompak di tugboat (atas kapal) dengan menggunakan drone. Setelah mengetahui jumlah dan posisi perompak di atas kapal, Sea Rider Lanal Dumai melakukan pengejaran terhadap tugboat yang telah dibajak perompak.

Saat penyergapan, seorang perompak melakukan per­lawanan dan dilumpuhkan dengan timah panas (peluru hampa). Sedangkan empat perompak lainnya berhasil diamankan dan diserahkan ke pihak kepolisian untuk dia­mankan.

“Delapan ABK yang dibu­ang oleh perompak ke laut berhasil diselamatkan bersama dengan Basarnas Pekanbaru dan Satpol Air Polres Dumai. Kemudian ABK mendapatkan perawatan di atas KAL Tedung dan KAL Jemur milik TNI AL,” kata Letkol Laut (P) Muhammad Risahdi, kemarin.

Latihan terpadu VBSS dan SAR 2016 gabungan ini me­li­batkan Pangkalan TNI AL Du­mai dan instansi maritim melaks­a­nakan latihan pe­nang­gulangan pembajakan dan SAR di Perairan Dumai dalam rang­ka menjaga stabilitas keamanan di laut.

“Bagaimana sinergitas keti­ka faktor keamanan bisa diatasi dan menghadapi masalah ke­selamatan. Sinergitas antara Kantor Kesehatan Pelabuhan dan RSUD Kota Dumai, PMK dan KSOP, untuk me­nyela­matkan dan merawat korban yang dapat diselamatkan di laut,” jelasnya.

Dalam jangka waktu 20 menit latihan bersama dengan Satpol Air Polres Dumai, KP­LP dan Basarnas Pekanbaru, mampu melumpuhkan perom­pak yang membajak tugboat Global Mandiri dalam skenario latihan pagi ini.

Ditempat terpisah, Kasat Polair AKP Yudhi Franata mengatakan, bahwa dalam latihan ini melibatkan lima personel Satpol Air Polres Dumai dan satu armada. De­ngan adanya latihan ini, bisa mengatasi pembajakan kapal dan bersama-sama mencari korban yang terjun ke laut.

“Alhamdulillah di Dumai tidak terjadi pernah terjadi pembajakan kapal, yang ada pencurian di atas kapal dan itu ada tiga kasus pada tahun ini,” jelas Yudhi. (h/nas/net)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]