Belum Ada Balon Mendaftar di Pilkada Mentawai Dan Kota Payakumbuh


Jumat, 23 September 2016 - 02:35:53 WIB

PADANG, HALUAN — Sama dengan Kota Payakumbuh, Pendaftaran Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Mentawai periode 2017-2022, sepi peminat. Hingga hari kedua pendaftaran, Kamis (22/9), belum satu pun balon yang mendaftar. Sesuai pengumuman Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) di kedua daerah tersebut, hari ini, Jumat (23/9) merupakan pendaftaran hari terakhir.

Ketua KPU Mentawai Lau­rensius mengatakan, pihaknya sudah mengumumkan di ber­bagai media untuk jadwal pen­daftaran balon kepala daerah ini baik di radio, portal, mau­pun koran. Namun sejak hari pertama pendaftaran hingga hari kedua masih belum ada satu pun balon yang men­datangi KPU.

“Kita buka pendaftaran dari jam 8 hingga jam 4 sore, namun tidak ada yang datang hingga hari kedua ini masih sepi,” ujarnya, Kamis (22/9).

Ia mengatakan, jika hari terakhir masih belum ada yang mendaftar maka pendaftaran akan diperpanjang hingga tiga hari ke depannya. Jika masih belum ada juga maka pihak KPU akan bekerjasama dengan Panwaslih untuk menambah pendaftaran tiga hari lagi untuk balon kepala daerah.

Sebelumnya, KPU Men­tawai sudah melakukan se­jum­lah persiapan untuk Pilkada 2017 ini, mulai dari rapat koordinasi soal anggaran de­ngan Pemerintah Kabupaten Mentawai hingga pertemuan dengan KPU Sumbar.

“Kami juga sudah mela­kukan koordinasi dengan Ika­tan Dokter Indonesia (IDI), Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Ikatan Psikologi Indonesia (IPI) untuk me­la­kukan pemeriksaan kesehatan. Untuk Rumah Sakit ber­da­sarkan rekomendasi dari IDI maka kami memilih RS M Djamil Padang untuk proses pemeriksaan kesehatan calon,” jelasnya.

Sama halnya Mentawai, pendaftaran Calon Walikota dan Wakil Walikota Paya­kumbuh periode 2017-2022 yang dibuka KPUD setempat, juga tidak satupun pasangan bakal calon (Balon) yang me­man­faatkannya. Baik pasangan balon perorangan maupun balon dari koalisi partai politik.

Hal itu dikatakan Ketua KPU Kota Payakumbuh Hetta Mam­bayu pada Haluan, Rabu (21/9) sore. “Setelah kita tung­gu sampai pukul 16.00 Wib, tidak satupun pasangan calon yang men­daftarkan diri,” terang Hetta.

KPU Payakumbuh sendiri, telah membuka pintu lebar-lebar untuk menyambut keda­tangan pasangan calon untuk mendaftarkan diri. Tak hanya itu saja, sejumlah petugas dari kepolisian dan Satpol PP turut berjaga-jaga di kantor KPU untuk mengamankan proses pendaftaran pasangan calon.

Untuk menyemarakkan suasana Pilkada, KPU Paya­kumbuh juga menghiasai kan­tornya sedemikian rupa. Tirai yang biasanya dipasang pada kegiatan kenduri, turut di­pasang menutupi bagian depan kantor KPU. Pentas lengkap dengan  organ tunggal dan tenda turut membuat sua­sana di kantor KPU Paya­kumbuh iba­rat sedang meng­gelar pesta kenduri (Baralek).

“Dekorasi kantor KPU seperti sedang  kenduri dan ibarat kita sedang pesta. Ini menandakan kita sedang pesta besar. Bukan pesta kenduri melainkan pesta demokrasi menuju Pilkada Payakumbuh,” ucap Muhammad Khadafi sa­lah seorang komisioner KPU Payakumbuh.

Dijelaskannya, hari pertama pendaftaran dimanfaatkan oleh tim dari pasangan calon untuk konsultasi. Dari pantauan Ha­luan di Kantor KPU Paya­kumbuh, ada beberapa tim dari pasangan calon yang datang ke kantor KPU hanya sekedar menanyakan tentang proses pendaftaran.

Tak hanya datang langsung menemui petugas KPU, ada juga dari tim partai politik  meng­hubungi komisioner KPU m­elalui ponselnya.

“Ada yang datang dan ada juga yang menghubungi lewat ponsel untuk konsultasi pen­daftaran. KPU juga membuka ruangan konsultasi bagi p­a­sangan calon,” ucap Khadafi. (h/ddg/rin)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]