PT Duta Pesona Hadirkan Paket Wisata Bahari


Jumat, 23 September 2016 - 02:36:16 WIB
PT Duta Pesona Hadirkan Paket Wisata Bahari

PADANG, HALUAN — PT Duta Pesona Wisata menghadirkan paket wisata bahari bagi wisatawan yang berminat menikmati objek wisata bahari di Sumatra Barat (Sumbar). Karyawan bagian pemasaran biro perjalanan wisata tersebut, Ronny Ardiles mengatakan, pihaknya mengadakan paket itu karena wisata bahari di Sumbar diminati oleh wisatawan luar.

Ia menjelaskan, pihaknya baru menyediakan paket un­tuk berwisata ke Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Man­deh di Tarusan, Pantai Carocok di Painan, Pesisir Selatan. Selain itu, ada lagi paket ke pulau-pulau di kawasan Sungai Pi­nang dan Sungai Pisang, Pa­dang, seperti Pulau Pagang, Pulau Pasumpahan, Pulau Pa­mu­tusan yang lokasinya dekat Pulau Sikuai.

“Kami membawa wi­sa­tawan ke pulau-pulau tersebut karena di sana lautnya tenang sebab tak berhadapan lang­sung dengan perairan lepas atau samudera). Selain itu, juga karena airnya jernih,” ujar Ronny di Kantor PT Duta Pesona Wisata, Jl. Jhoni Anwar No. 4 Lapai, Padang, Kamis (22/9).

Paket tersebut yang di­berikan kepada wisatawan, kata Ronny, mulai dari paket untuk satu hari hingga paket ber­hari-hari, tergantung ke­inginan wisatawan. Wisatawan yang mengambil paket satu hari akan diantarkan me­ngun­jungi tiga pulau di Mandeh atau di ka­wasan Sungai Pinang dan Su­ngai Pisang. Un­­tuk menda­pat­kan pa­ket ter­se­but, wi­satawan hanya cu­kup mem­­bayar Rp280 ribu. Harga itu sudah termasuk makan, trans­portasi ke pulau dengan meng­gunakan pe­rahu mesin, asu­ransi per­jalanan, peralatan keamanan, peralatan untuk pe­nyelaman dangkal (snoor­keling), fasilitas untuk ber­main wahana air, dan menye­diakan kur untuk memotret wisatawan di bawah laut.

Sementara itu, lanjut Ron­ny, kegiatan yang bisa dila­kukan wisatawan, antara lain snoor­keling, menyelam, men­daki bukit di pulau tersebut, melompat dari ketinggian (bu­ngee jumping), dan me­mainkan permainan wahana air, seperti banana boat dan jet ski.

“Fasilitas-fasilitas tersebut juga untuk wisatawan yang menginap di resor. Untuk wisatawan yang menginap, kami punya tiga paket. Per­tama, paket backpacker se­harga Rp400 ribu semalam. Pada paket ini, wisatawan tidur di satu kasur di sebuah rua­ngan bersama-sama wisatawan lain. Kedua, paket ekonomi seharga Rp650 semalam. Pada paket ini, wisatawan menginap di satu kamar sendiri. Ke­mudian, paket bisnis seharga Rp850 ribu semalam. Paket ini sama dengan paket ekonomi. Bedanya, paket paket bisnis, wisatawan tidur di sebuah kamar terpisah dari bangunan lain yang fasilitas-fasilitasnya digunakan secara pribadi,” tutur Ronny.

Untuk melayani wisatawan, terutama wisatawan dari luar Sumbar, pihaknya bekerja sama dengan resor, hotel, dan masakapai karena pihaknya juga menjual tiket pesawat. “Kalau untuk angkutan, kami punya armada, baik bus pa­riwisata maupun minibus. Kami bisa menjemput wi­satawan di BIM kalau dia mau. Kami melakukan kerja sama itu untuk melayani semua kebutuhan wisatawan karena ada wisatawan yang ingin tahu beres saja, ting­gal berwisata sa­ja, tak me­mi­kirkan pe­ngi­napan, ang­ku­tan, tempat ma­kan, dan se­ba­gai­nya,” kata Ronny men­jelaskan. 

“Selama ini, wisatawan yang berwisata ke pulau ber­sama kami banyak wisatawan lokal. Wis­ata­wan luar negeri baru sedikit, se­perti dari Ma­lay­sia dan Si­ngapura. Kalau dihitung per­sen­tasenya, wi­sa­tawan lokal 80 persen, wisa­tawan luar negeri 20 persen. Untuk wisatawan lokal, dulu lebih banyak wisa­tawan dari luar Sumatra. Kini, sejak wisa­ta bahari Sumbar terkenal, mu­lai banyak wis­a­tawan dari dalam Sumatra,” kata Ronny lagi.

Mengenai paket wisata ba­hari, Ronny menjelaskan, pihak­nya menghadirkan paket ter­sebut sejak 2013, ketika KWBT Mandeh belum terlalu terkenal seperti kini. Pihaknya tertarik mengadakan paket itu karena potensi wisata bahari di Sumbar sangat banyak dan bagus, hanya saja belum b­a­nyak wisatawan luar yang tahu. Selain itu, sarana dan pra­sarana juga belum memadai dan kesadaran wisata ma­sya­rakatnya belum muncul.

“Padahal, komentar wisa­tawan yang pernah ke Gili Tra­wangan dan Bunaken, wisata bahari Sumbar lebih eksotik karena alam bawah lautnya masih alami. Kalau di tempat lain, alam bawah lautnya sudah sering dikunjungi sehingga cenderung rusak,” ucap Ronny. 

Faktor lain yang membuat PT Duta Pesona Wisata me­nye­diakan paket wisata bahari ialah sejak pariwisata Sumbar meng­geliat, terutama sejak Kota Pa­dang gencar me­lak­u­kan pem­be­nahan objek wisata dalam dua ta­hun terakhir, seperti pem­benahan Pantai Padang. 

“Sejak berdiri sekitar sepu­luh tahun lalu, PT Duta Pe­sona Wisata punya visi dan misi mengenalkan potensi alam dan budaya Mi­nang­kabau kepada wisatawan luar Sumbar, teru­tama wisatawan luar negeri. Se­jak beberapa tahun bela­ka­ngan, kami be­rf­okus mem­promosikan wi­sata bahari Sumbar,” katanya. (h/dib)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]