YASPI BOBY RAIH MEDALI EMAS DI CABOR ATLETIK

Sumbar Akhiri Penantian Panjang


Jumat, 23 September 2016 - 02:48:18 WIB
Sumbar Akhiri Penantian Panjang Sprinter Sumbar Yaspi Boby (kanan) beradu kecepatan dengan srpinter NTB Iswandi (kiri) pada nomor lari 100 meter putra PON XIX di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/9). (ANTARA )

BANDUNG, HALUAN — Sumatera Barat mengakhiri penantian panjangnya meraih medali emas PON di cabang atletik, setelah Yaspi Boby berhasil meraih medali emas di nomor lari 100 meter putra, Kamis (22/9) di Pakansari Cibinong, Jawa Barat. Sumbar terakhir kali meraih medali emas di cabang atletik pada tahun 1989. Itu berarti, sudah 27 tahun lamanya Sumbar menunggu untuk mengulang sejarah.

Tampil di hadapan pen­dukung yang selalu me­neriakkan namanya dari tribun, Boby melaju ken­cang meninggalkan dua pesaing terdekatnya, Yaspin dan Is­wa­n­di yang berasal dari Nusa Tenggara Barat. Boby me­ncatatkan waktu 10,36 detik yang me­ru­pa­kan rekor terbaiknya.

Secara keseluran pada Kamis, (22/9) cabang atletik berhasil menyumbangkan satu medali emas, satu me­dali perak dan satu medali perunggu. “Medali emas yang diraih Yaspi Boby me­nga­khiri penantian Sumbar untuk meraih emas di ca­bang atletik. Kami sangat mensyukuri ini,” ujar Sekum PASI Sumbar, Arfan Rusyda, Kamis (22/9).

Yaspi Boby meraih me­dali emas setelah men­catat­kan waktu 10,36 detik. Me­dali perak diraih atlet Nusa Te­ng­gara Barat dengan cata­tan waktu 10,43 detik dan medali perunggu juga diraih atlet Nusa Tenggara Barat dengan catatan waktu 10,46 detik.

Medali perak di Sum­bang­kan oleh Lusiana Sa­tria­ni pada nomor 100 meter putri. Lusiana hanya kalah 0,01 detik dari peraih medali emas asal Jawa Timur yang mencatatkan waktu 11,97 detik. Sedangkan medali perunggu diraih atlet Nusa Tenggara Barat dengan ca­tatan waktu 12,10 detik.

Yulianti Utari men­yum­bangkan medali perunggu pada nomor lari lima ribu putri. Yulianti mencatatkan waktu 17 menit 38,31 detik. Sedangkan medali emas diraih atlet DKI Jakarta dengan catatan waktu17 menit 1,60 detik dan medali perak juga diraih oleh atlet DKI Jakarta dengan catatan waktu 17 menit 10, 48 detik.

Hari ini, atletik kembali akan menurunkan empat orang atletnya, yaitu di no­mor 5.000 meter putra atas nama Wahyudi Putra M Hafiz yang akan turun di nomor spesialisasinya, yaitu 800 M dan Lusiana dinomor 200 meter putri. “Boby juga akan turun besok (hari ini, red) di nomor 200 meter putra. Peluang untuk kem­bali meraih ada. Bukan saja dari Boby, tapi juga dari atlet lain. Untuk itu, kami mohon do’a dari segenap masyarakat Sumbar,” pungkasnya.

Kesuksesan ini membuat Boby kian percaya diri dalam menghadapi Sea Games 2017 di Malaysia.  Catatan waktu ini juga lebih baik ketimbang saat dia membela Indonesia di ajang SEA Games 2015. Ketika itu, Boby men­catat­kan waktu 10,46 detik dan men­da­pat­kan perak. Bo­by mengaku akan terus ber­latih agar pada SEA Games 2017 di Ma­laysia nanti bisa mem­per­sem­bahkan emas un­tuk Me­rah Putih

“Catatan waktu ini me­mang lebih baik ketimbang saat di SEA Games 2015 lalu. Saya akan terus berlatih dan memperbaiki waktu saya agar tahun depan bisa meraih emas untuk Indonesia,” kata Boby kepada wartawan, Ka­mis (22/9/2016).

Raihan emas ini me­ru­pa­kan yang kedua bagi bagi Boby pada ajang PON. Se­belumnya dia juga men­jadi juara pada nomor 100 meter PON Riau 2012. Pelari berusia 28 tahun itu me­ngu­capkan rasa syukurnya ke­pada Tuhan atas prestasi yang telah dia capai.

Saya sangat senang sekali atas raihan ini, terima kasih kepada Tuhan karena dia telah memberikan saya ke­bu­garan untuk tampil baik di PON kali ini,” ujar Boby.

Boby yang juga turun di final nomor 200 putra, Jumat (23/9/2016), berharap bisa mengulangi pres­tasi­nya.  ”Besok saya akan kembali turun di nomor 200 meter, semoga saya bisa kembali mendapat emas seperti di nomor ini,” tuturnya. 

Saat ditanya mengenai bonus yang akan didapat setelah mendapatkan emas PON, Boby berujar kalau dia sama sekali belum tahu be­rapa nilai yang akan di­dapatnya nanti. “Soal bonus saya belum tahu berapa nilai yang akan saya dapat,” sam­bungnya. (h/san)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]