Personil TNI Tanam Padi di Tanjung Kandis


Jumat, 23 September 2016 - 02:55:22 WIB
Personil TNI Tanam Padi di  Tanjung Kandis Sejumlah personil TNI dibantu masyarakat, tengah menanam padi dengan sistem jajar legowo.di Kampung Tanjung Kandis, Kenagarian Taluak Tigo Sakato, Kecamatan Batang Kapas, Kamis (22/9). (OKIS MARDIANSYAH)

PAINAN, HALUAN — Dalam rangka TMMD ke-97,  per­sonil TNI Kodim 0311/Pessel bercocok tanam padi dengan sistem jajar legowo di   Kam­pung Tanjung Kandis, Kena­garian Taluak Tigo Sakato, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan.

Koordinator lapangan, Ser­tu Rayendra mengatakan, untuk mendukung program pemerintah pusat dalam pen­capaian swasembada pangan, maka seluruh personil TNI berjibaku dengan masyarakat setempat dalam pencapaian tersebut. “Meski kondisi sa­wah petani belum menda­patkan pasokan air yang cu­kup (sawah tadah hujan-red). Namun, pegerakan tanam padi serentak dengan sistem jajar legowo ini akan terus kita gencarkan semaksimal mung­kin dikampung Tanjung Kan­dis ini,” ungkapnya kepada Haluan, Kamis (22/9).

Lebih lanjut kata dia, sebanyak 25 personil dikerah­kan dalam kegiatan yang su­dah menjadi rutinitas Kodim tersebut.”Setelah pengolahan sawah selama dua Minggu (14 hari-red), maka kita akan terus memantau hingga masa panen nantinya,” jelasnya.

Pantauan  di lapangan, selain bercocok tanam, maka terlihat juga sejumlah personil TNI bersama masyarakat ber­gotong royong membuat jalan usaha tani sepanjang 12 Km dan gorong-gorong, serta perbaikan rumah tidak layak huni.

Dandim 0311/Pessel Let­kol (Inf) Setiya Asmara SIP, selaku komandan Satgas  lapa­ngan terlihat tegas mengambil sikap dan memerintahkan seluruh personilnya untuk turun langsung ke sawah guna membantu para petani dalam mewujudkan swasembada pa­ngan sebagai dasar pencapaian ketahanan pangan yang ber­implikasi positif untuk men­ciptakan ketahanan nasional.

“Swasembada pangan me­ru­pakan salah satu imple­mentasi dari sembilan agenda prioritas yang terdapat dalam program nawacita Presiden. Maka hal ini harus kita opti­malkan sebaik mungkin. Tuj­uannya adalah untuk peru­bahan menuju Indonesia yang lebih baik.

Berdaulat secara politik, mandiri dalam bidang eko­nomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan,” tegas Dandim.

Sesuai yang dicanangkan oleh pemerintah pusat, lanjut Dandim, maka ketahanan pa­ngan dan energi, harus dibantu secara menyeluruh oleh TNI. ”Mereka tidak hanya melak­sanakan tugas pokoknya da­lam menjaga keamanan, keutuhan, dan kadaulatan NKRI.

Hal ini sebagai wujud ke­ma­nunggalan TNI bersama rakyat, karena Bersama Rak­yat TNI Kuat, Bersama TNI Rakyat Sejahtera,” tutupnya. (h/mg-kis)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]