Penerima PKH 50 Kota Naik Jadi 9.206


Jumat, 23 September 2016 - 02:59:51 WIB
Penerima PKH   50 Kota Naik Jadi 9.206 Kepala Bidang Bimbingan dan Bantuan Jaminan Sosial (Binjamsos) Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Limapuluh Kota, Afdal.

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Jumlah Keluarga Sangat Miskin (KSM) penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Limapuluh Kota, triwulan IV tahun 2016 bertambah menjadi 9.206 KSM.

Sebagian penerima PKH itu juga bakal mendapatkan bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan rehab rumah tidak layak huni.

Masyarakat daerah ini yang menerima PKH ku­wartal II dan III tahun 2016 hanya sebanyak 5.247 KSM, pada kuwartal IV men­datang akan mendapat tam­bahan sebanyak 3.959 KSM. Tambahan ini diperuntukan buat warga lanjut usia (lansia) dan penyandang disabilitas (cacat) berat.

Kepala Bidang Bim­bi­ngan dan Bantuan Jaminan Sosial (Binjamsos) Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Li­ma­puluh Kota, Afdal, Kamis (22/9) di Sarilamak me­ngatakan, para calon pene­rima tambahan PKH itu akan divalidasi untuk berikutnya dicairkan pada triwulan IV sekitar bulan Desember men­datang dengan to­tal penerima seba­nyak 9.206 KSM.

Sedangkan un­tuk tri­wu­lan II tam­bah Afdal, dengan penerima sebanyak 5.247 KSM dan total bantuan se­besar Rp2,25 mi­liar lebih, sudah direalisasikan be­berapa waktu lalu. Selanjutnya buat triwulan III segera dicairkan dalam waktu dekat ini.

 Dikatakan Af­dal, setiap pene­rima PKH terse­but, me­reka men­dapatkan bantuan tetap sebesar Rp500 ribu. “Ditambah ban­tuan kom­ponen PKH dengan jumlah minimal Rp950 ribut/KSM dan maksimal Rp3,9 juta,” tuturnya lagi.

 Sementara itu, bantuan KU­BE, lan­jut­nya, bakal dia­lokasikan bagi 50 kelompok yang ber­ang­go­takan para penerima PKH. Masing-ma­sing kelompok men­dapatkan dana sebesar Rp20 juta  buat mo­dal usaha yang digeluti seperti, beternak itik, ternak kam­bing, pegang ga­dai, peng­adaan alat dan mesin per­tanian (Alsintan) untuk beri­kutnya diperse­wakan.

 Bantuan ini diperkirakan sudah bisa dicairkan selam­batnya pada Bulan November 2016 mendatang. “KUBE ini bertujuan untuk tambahan modal usaha yang cepat meng­­­hasilkan uang. Sesuai per­mohonan yang ada, usaha yang akan dibuka kelompok penerima antara lain usaha peternakan, pertanian, pe­gang gadai bahkan ada pula buat pengadaan Alsintan seperti mesin perontok padi yang dapat dipersewakan,” ulas Afdal.

 Selain itu, lanjutnya, dalam waktu dekat sebanyak 50 keluarga sangat miskin di daerah ini juga sudah disu­sulkan untuk mendapatkan bantuan rehab rumah tidak layak huni di nagari nagari yang tersebar di sejumlah kecamatan.

“Sebelumnya, sudah diserahkan bantuan mesin bordir untuk enam orang penerima,” tuturnya. (h/zkf)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]