Puluhan Hektare Sawah Tanam Padi Serentak


Jumat, 23 September 2016 - 03:00:54 WIB
Puluhan Hektare Sawah Tanam Padi Serentak Tanam padi serentak di Kecamatan Harau dihadiri Satgas PCS Mabesad Kolonel CZI I.Wayan Aditya, Kamis (22/9). (ZUL)

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Produksi padai di Kabupaten Limapuluh Kota untuk dua tahun ke depan diharapkan meningkat. Pasalnya, di lokasi cetak sawah baru yang tersebar di beberapa nagari di wilayah Kodim 0306/50 Kota, sudah dilaksanakan menanam padi serentak pada lahan sawah puluhan hektare.

Penanaman padi serentak dilangsungkan, Kamis (22/9) sekitar pukul 09.30 WIB di Jorong Tarantang, Nagari Tarantang, Kecamatan Ha­rau. Acara tersebut dihadiri Satgas PCS Mabesad, Ko­lonel Czi I Wayan Aditya, dari Kementan diwakili Yul­ya. Hadir juga Kasilog Korem 032/Wirabraja Kolonel Inf Sainul Alam.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 204, Sembuh 99, dan Meninggal Dunia 3 Orang

 Selain itu tampak hadir dalam kegiatan tanam se­rentak, Letkol Czi H Siregar serta Danden Zibang Korem 032/Wbr. Rombongan terse­but, disambut oleh Muspida dan Muspika Harau, bersama anggota delapan kelompok tani Nagari Tarantang yang akan melaksanakan tanam serentak.

Kolonel Czi I Wayan Aditya dalam sambutannya menyampaikan, gerakan ta­nam padi serentak ini guna mendukung dan mewu­jud­kan Swasembada Pangan Nasional yang berkelanjutan. Untuk luas lahan sawah yang akan ditanami padi itu, di wilayah Nagari Tarantang saja berjumlah 10 hektare.

Baca Juga : Pasca Oknum Pegawai Lapas Terlibat Narkoba, Kalapas Bukittinggi Gelar Razia dan Bentuk Tim Khusus

Seusai acara pembukaan, kemudian rombongan menin­jau lokasi cetak sawah yang baru di Nagari Solok Bio-bio, saat ini tengah dikerjakan seluas 14,5 hektare. Sehingga Nagari Solok Biobio dan sekitarnya akan mampu se­bagai penunjang ketahanan pangan, utamanya di Ke­camatan Harau, ulasnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Limapuluh Kota, menyebut, rencananya tahun ini pembukaan lahan sawah baru sekitar 200 hektare. “Namun yang telah selesai dikerjakan TNI sesegeranya ditanami padi, sebab bibit padi tersebut disediakan dan dibantu pemerintah,” ujarnya. (h/zkf)

Baca Juga : Aksi Pencurian Kotak Amal di Dharmasraya Ini Terekam CCTV

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]