CETAK 25 HA SAWAH BARU DI MENTAWAI

Dandim Canangkan Tanam Padi Serempak


Jumat, 23 September 2016 - 03:04:41 WIB
Dandim Canangkan Tanam Padi Serempak Dandim 0319 Mentawai, Plt. Sekda dan unsur Forkopimda tanam benih padi pertama pertanda mulainya gerakan tanam padi serempakdi lahan cetawak sawah baru Desa Goisok Oinan, Mentawai. (FERDI SAPUTRA)

Mentawai, Haluan — Melalui program Nasional tanam padi serempak wilayah Kodam I/BB yang dicanangkan mulai 19 sampai 24 September 2016, Kodim 0319 Mentawai siap bantu tingkatkan Swasembada Pangan di pulau terluar Provinsi Sumatera Barat, yang dijuluki bumi Sikerei ini.

Dandim 0319 Mentawai Letkol Inf. Fhitrizal Setiawan S.Sos mengatakan kepada Haluan saat Pencanangan tanam padi perdana dilokasi baru Desa Goisok Oinan, pihaknya siap melakukan gerakan tanam padi se­rem­pak dan bantu masyarakat tingkatkan Swasembada Pa­ngan sesui dengan tema yang diangkat dalam hal ini oleh wilayahnya Kodam I/BB.

Baca Juga : Update Penularan Virus Corona di Sumbar, Pasien Positif: 443, Sembuh: 291, dan Meninggal Dunia: 9 Kasus

Lebih lanjut dika­takan­nya, dari 132 ribu hektare luas tanam padi serempak yang dicanangkan di seluruh Indonesia, Mentawai me­n­dapatkan kesempatan untuk tanam padi 25 Hektar di lokasi cetak sawah baru. Hal itu tentu saja akan membantu Pemerintah Mentawai dalam dalam mencapai target Swa­sem­bada Pangan. “Kita siap membantu masyarakat dalam mengentaskan masalah pa­ngan, dalam hal ini kita lakukan pembukaan lahan baru 25 hektar,” kata Fhitrizal yang hobi mancing dan Di­ving di laut Mentawai ini.

Untuk menyukseskan pro­gram itu pihaknya juga menu­runkan puluhan personil mem­bantu 3 kelompok usaha tani di Desa setempat dalam me­ngoperasikan mesin pem­bajak sawah dan lain sebagainya.

Baca Juga : Waduh! Masyarakat Batu Basa Tak Terapkan Prokes Saat Salat Idul Fitri

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepulauan Men­tawai Nopriadi mempre­dik­sikan pada musim panen akhir Desember 2016 nanti, pada saat usia padi antara 110 sampai 115 hari dengan luas 25 hektare tersebut, akan menghasilkan sekitar 75 ton gaba kering dan menjadi beras sebanyak 35 ton.

 Acara tersebut dihadiri oleh Plt Sekda Kabupaten Kepulauan Mentawai, Dan­dim 0319 Mentawai, Dan­lanal Mentawai, Kepala Dinas Pertanian dan peter­nakan Mentawai, puluhan anggota kodim 0319 Mentawai serta sejumlah anggota kelompok usaha tani. (h/red)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]