Kontesnak Sumbar Berakhir, Pasbar Juara Umum


Jumat, 23 September 2016 - 03:06:00 WIB

PASBAR, HALUAN — Livestock Expo atau kontes ternak se Sumbar resmi di tutup oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit di Lapangan Jambak Kamis kemarin (22/9). Kontingen Pasaman Barat berhasil menyabet juara umum dengan  mengalahkan kontingen dari kabupaten kota lainnya.

Keberhasilan Pasaman Ba­rat ini memperlihatkan bahwa daerah itu pantas ditetapkan sebagai daerah kawasan pem­bibitan sapi oleh Pemprov Sumbar. “Penyelenggaraan kontes ternak ini berjalan sukses dan Pasaman Barat memperoleh juara umum. Cu­kup pantas kiranya Pasaman Barat dite­tapkan sebagai kawa­san pem­bibitan sapi,” kata Wakil Gubernur Sumbar, Nas­rul Abit.

 Ia memberikan apresiasi kepada Pemkab Pasaman Barat yang telah melaksanakan kon­tes ternak dengan sukses.

Sementara itu Bupati Pasa­man Barat, Syahiran me­ngata­kan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta seluruh kabupaten/kota yang telah menyukseskan kon­tes ternak tingkat Sumbar. “Dengan kontes ini hendaknya kedepan­nya petani semakin bersemangat untuk beternak sapi,”katanya.

Pihaknya juga terus mem­be­rikan pendampingan kepada petani agar terus meningkatkan produktifitas ternak ke­depan­nya. “Harga ternak terutama sapi saat ini termasuk tinggi. Dengan demikian kesejah­teraan petani akan mening­kat,”ujarnya.

Menurutnya, potensi ternak sapi di Pasaman Barat cukup tinggi karena didukung oleh ketersediaan pakan ternak yang memadai. Seperti tersedianya pakan ternak dari tanaman jagung yang ada.”Pasaman Barat memiliki luas tanaman jagung 33.357 hektar dengan produksi mencapai 286.078 ton setiap tahun. Potensi ini sangat mendukung upaya pe­ngembangan ternak sapi yang ada,”kata dia.

Sementara itu Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Dirjen Peter­nakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian RI, Fini Murfiani memberikan apresiasi atas suksesnya pelaksanaan kontes ternak di Pasaman Barat.”Kami berharap Sumbar dan Pasaman Barat kedepannya menjadi sentra ternak terutama ternak sapi. Kami akan terus memberikan dorongan se­mangat dan bantuan sarana prasarana,”katanya.

Adapun kegiatan yang di­adakan selama tiga hari itu adalah pertemuan investasi peternakan,peternakan, kontes ternak, lomba vokal group, pameran dan promosi agri­bisnis peternakan, asah teram­pil, pertandingan futsal, Japfa Japfa for kids dan pelayanan peternakan dan kesehatan he­wan gratis.

Selain dihadiri Wakil Gu­ber­nur, hadir pada kesempatan itu Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, Erinaldi, Forkominda Pasaman Barat, Ketua TP PKK, Yun Syahiran, SKPD, perwakilan kabupaten/kota, peternak dan masyarakat. (h/ows)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]