Bupati Tinjau Puskesmas Sitiung


Jumat, 23 September 2016 - 03:06:32 WIB
Bupati Tinjau Puskesmas Sitiung BUPATI Sutan Riska Tuanku Kerajaan berdialog dengan paramedis di Puskesmas Sitiung. (MARYADI)

DHARMASRAYA, HALUAN — Dari tiga program andalan pemerintah, salah satunya adalah masalah kesehatan persoalan kese­hatan merupakan bentuk layanan dasar kepemerintahanan. Itulah sebabnya, layanan kesehatan kerap kali menjadi cola kepala daerah. Tak terkecuali Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, juga menempatkan layanan kesehatan sebagai salah satu prioritas. Oleh sebab itu, setiap melakukan kunjungan kerja ke lapangan ia selalu menyempatkan melihat instalasi layanan kesehatan.

Dalam kunjungan kerja ke Sitiung be­berapa waktu lalu, bupati termuda Indonesia itu mendadak mampir ke Puskesmas Sitiung yang berada di Nagari Sungai Duo. Di sana ia mendapat penjelasan dari Kepala Pus­kesmas (Kapus) Sitiung dr. Dwinanda Emira, mengenai kondisi Puskesmas yang ia pimpin. Puskesmas Sitiung memiliki unit rawatan dengan sembilan tempat tidur, yaitu enam tempat tidur di antaranya untuk pasien umum, dua tempat tidur untuk layanan kebidanan, tiga tempat tidur untuk layanan TFC.

Menurut Kapus Dwinanda, setiap hari Puskesmas yang ia pimpin menerima pasien sekitar 25 orang. Tidak se­muanya dirujuk menginap. Dengan pasien sebanyak itu, memang ada sedikit kendala yang dialami, seperti belum terampilnya petugas IGD yang ada saat ini. Seyogyanya, petugas IGD dibekali dengan keterampilan PPGD. “Kami mohon sama bapak agar bisa difasilitasi pelatihan PPGD,” harapannya kepada Bupati Sutan Riska.

Menurut bupati berdarah biru itu, Dinas Kesehatan akan mengatur pelatihan yang diinginkan oleh Puskesmas Sitiung.

Meski dengan personil minim, namun Puskesmas Sitiung ini menjadi nominator dalam lomba Puskesmas berprestasi tingkat nasional. Oleh karena itu, Kepala Dinas Kesehatan drg. Erina, MKM, terus berupaya untuk mem­benahi Puskesmas Sitiung dari berbagai aspek. “Insya­alah kita siap dinilai oleh tim pusat,” kata Erina. (h/mdi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]