Hari Ini, Pendaftaran Calon Sekda Ditutup


Jumat, 23 September 2016 - 03:10:17 WIB

PADANG, HALUAN — Tepat pada Jumat (23/9) pukul 16.00 WIB sore ini, pendaftaran calon Sekretaris Daerah Kota Padang resmi ditutup. Hingga Kamis (22/9), Panitia Seleksi (Pansel) sudah menerima berkas dari 7 orang pendaftar.

Kabid Mutasi BKD Pa­dang, Eka Putra mengatakan, pada H-1 pendaftaran ditutup, ada tujuh nama yang menca­lonkan diri untuk menjabat Sekda Kota Padang. Ketujuh nama ini adalah Herianto Rustam, Za­bendri, Suhardi, Asnel, Hermen Feri, Bambang dan Edwar Imusman. Diprediksi, pada hari terakhir ini, masih ada penam­bahan yang akan mendaftar.

“Setelah diperiksa dan se­mua pendaftar memenuhi per­syaratan administrasi, maka proses seleksi kompetensi bisa dilakukan. Kemudian, nantinya akan terpilih tiga nama terbaik. Yang selanjutnya dilaporkan ke Walikota dan disetujui Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Dari tiga nama tersebut, akan dipilih satu nama terbaik oleh Walikota,” Kata Eka kepada Haluan, Kamis (22/9).

Sebelumnya, Sekretaris BKD Padang, Efrizal menga­takan setelah kran pembukaan pendaftaran telah banyak peja­bat yang menanyakan per­syaratan, bahkan ada pejabat yang berasal dari kabupaten/ kota, bahkan dari luar provinsi Sumbar. “Memang masih ada yang menanyakan. Ada juga salah seorang pejabat dari Riau,” katanya.

Terpisah, Ketua Panitia Seleksi Terbuka, Arizallidjar menyebut, berkas yang telah dikembalikan tersebut ke­mu­dian pada tanggal batas pe­ngem­balian akan dilihat dan diperiksa. Jika memang berkas belum lengkap dan tidak me­menuhi syarat, tentunya akan ditolak.

“Hasil seleksi administrasi berkas akan diumumkan Sabtu (24/9) besok. Di situ akan dilihat siapa yang lengkap administrasinya,” ungkapnya.

Syarat yang harus d­i­leng­kapi itu diantaranya ASN yang berpangkat sekurang-ku­rang­nya Pembina (IV/c) dan sedang menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama (eselon II) yang berakumulasi minimal empat tahun. “Peserta melengkapi administrasi seperti pas foto, fotocopy KTP, surat pernyataan mendaftarkan diri, serta mengi­si pakta integritas,” ungkapnya.

Setelah diumumkan, panitia kemudian mewajibkan seluruh peserta membuat pokok-pokok pikiran dengan tulisan tangan pada 25 September. Usai mem­buat pokok pikiran, seluruh peserta mengikuti seleksi kom­petensi dasar melalui sistem CAT pada 26 September. Ke­mudian dilanjutkan dengan me­ngikuti seleksi kompetensi manajerial (wawancara dan FGD) pada 26 dan 27 Sep­tember.

“Hasilnya akan kita umum­kan 30 September. Untuk meli­hat pengumuman lebih lengkap dapat membuka website Pemko Padang (www.bkd.­padang.­go.id),” terang Arizallidjar.

Seperti diketahui, usai di­tinggal Nasir Ahmad yang memilih berkarir di Pemprov Sumbar, jabatan Plt Sekda kini diemban Vidal Triza yang juga Asisten I Setdako Padang. (h/mg-ang)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]