Suku Anak Dalam ‘Berhotel’ di Mapolsek Kuranji


Jumat, 23 September 2016 - 03:11:36 WIB
Suku Anak Dalam ‘Berhotel’ di Mapolsek Kuranji SEBANYAK 24 warga Suku Anak Dalam, Kabupaten Muaro Bungo, Provinsi Jambi, menginap di pelataran parkir Polsek Kuranji Kota Padang, Kamis (22/9). Mereka telah melakukan perjalanan selama 40 hari untuk mejalankan tradisi Melagun. (HUDA PUTRA)

PADANG, HALUAN — Se­banyak 24 orang Suku Anak Dalam, Muaro Bungo Provinsi Jambi yang merupakan satu keluraga besar, menumpang menginap di pelataran parkir Polsek Kuranji, Padang, Rabu (21/9). Kedatangan mereka ini setelah sebelumnya menempuh perjalanan selama 40 hari.

Kholijah, salah seorang warga Suku Anak Dalam me­nga­takan, bahwa mereka saat ini tengah menjalani tradisi Melagun, dimana jika ada salah satu anggota keluarga yang meninggal, maka mereka harus pergi jauh dari kampung untuk menghindari sial dan meng­hilangkan kesedihan.

“Kalau ada yang mening­gal, maka anak-anaknya harus pergi, kalau aku cicitnya. 100 hari lamanya, sekarang sudah 40 hari,” terangnya.

Lebih lanjut dirinya me­nga­takan, mereka memulai per­jalanan dari Muaro Bungo dan setelah di Padang 24 orang Suku Anak Dalam tersebut ke Pe­kanbaru, lalu ke Kiliran Jao dan kembali ke Jambi. “Kami baru pulang kalau sudah tidak ada lagi kesedihan,” ungkapnya.

Selama melakukan per­jalanan, Kholijah beserta rom­bongan hanya membawa bekal seadanya. “Bawa selimut, pe­riuk, parang. Dimano kito capek dan lapar kito masak. Untuk beras kadang dikasih orang, kadang dikasih nasi bungkus. Yang penting jangan nakal, daripado kita maling lebih baik kito minta,” ungkap­nya dalam logat Jambi.

Sementara Kapolsek Ku­ranji, Kompol Jhon Priyono menyebutkan, sebanyak 24 warga Suku Anak Dalam itu sampai di Kantor Polsek itu sekitar pukul 18.00 WIB.

“Mereka minta izin untuk istirahat dan tidak menganggu aktifitas disini, makanya kami berikan tempat istirahat. Besok (hari ini, red), mereka ren­cana­nya akan melanjutkan per­jalanan ke Bukittinggi,” pung­kas Kapolsek. (h/mg-hud)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 28 November 2017 - 02:19:36 WIB

    Sungai Jirak Ditanami Pohon Sukun

    Sungai Jirak Ditanami Pohon Sukun PADANG, HALUAN - Pemko Padang bekerjasama dengan Pelaksana Tugas Pokok (PTP) Kementerian Pertahanan RI menanam ratusan pohon sukun di bantaran Sungai Jirak, Jalan Sutan Syahrir, Kelurahan Mato Aia, Kecamatan Padang Selatan, S.
  • Jumat, 16 September 2016 - 03:54:09 WIB

    Manajemen Suku di KAN Masih Lemah

    Manajemen Suku  di KAN Masih Lemah PADANG, HALUAN—Lembaga Kerapatan Adat Alam dan Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat melihat sebagian Kerapatan Adat Nagari (KAN) belumlah berfungsi maksimal sebagai pengawal, pengontorol anak dan kemenakannya. Dana dan kemamp.
  • Kamis, 08 September 2016 - 02:38:43 WIB
    PERKARA TANAH KATAPIANG

    Gugatan MKW Suku Koto Ditolak

    PADANG, HALUAN — Ma­jelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Padang menerima eksepsi (nota keberatan) yang diajukan Rusdi Ilyas Cs selaku tergugat atas perkara perdata tanah seluas 5.000 M2 di Rawang, Katapiang, Kecamatan Kuranj.
  • Ahad, 21 Agustus 2016 - 21:51:12 WIB

    Sebulan Berjalan Kaki, Keluarga Suku Anak Dalam Terlantar di Padang

    Sebulan Berjalan Kaki, Keluarga Suku Anak Dalam Terlantar di Padang PADANG, HALUAN – Sekeluarga yang berasal dari Bungo, Jambi yang mengaku dari Suku Anak Dalam, terlunta-lunta di Padang. Mereka berjalan kaki tak tentu arah dan terpantau berada di Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Pad.
  • Jumat, 29 Juli 2016 - 11:02:13 WIB

    Alam Pengaruhi Jumlah Suku di Minangkabau

    PADANG, HALUAN—Layaknya etnis lain, Minangkabau pun memiliki bany­ak suku. Menurut tambo, pada masa awal pembentukan budaya Minang­kabau oleh Datuak Katu­manggungan dan Datuak Parpatiah nan Sabatang, ada empat suku induk.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]