Rp1,8 Triliun Aset Daerah Dialihkan ke Provinsi


Jumat, 23 September 2016 - 03:21:27 WIB

PADANG, HALUAN — Se­kitar Rp1,8 triliun aset pe­merintah daerah kabupaten/ kota, akan berpindah dan selanjutnya dikelola oleh Pemprov Sumbar. Un­tuk pe­nyerahan personil, penda­naan, prasarana dan do­ku­men (P3D), akan dila­kukan pada 3 Oktober 2016 oleh seluruh bupati/walikota kepa­da Gubernur.

Kabag Pengelolaan Aset Daerah Budiyarma, S.Sos. M.Si mengatakan, saat ini sedang dilakukan proses validasi dari kabupaten/ kota untuk melaporkan jumlah aset yang ada. Namun se­be­lumnya tim dari pemprov sudah melakukan inven­ta­risasi ke kabupaten/ kota dan sudah mendapatkan kondisi neraca per 31 De­sember 2014.

“Proses validasi laporan aset ini sudah berjalan lima hari, dan ini hari ke enam (hari terakhir). Untuk urusan asetnya, semuanya dikoor­di­nir oleh Biro Aset,” ujarnya.

Pelaporan aset yang dila­kukan kabupaten/ kota, saat ini neraca 2015 ditambah semester I 2016, minus Kota Solok karena ada per­min­taan untuk me­nang­guhkan satu hari hingga besok. “Jum­l­ah yang dilaporkan kabu­paten/ kota ini akan be­rubah, karena ada pe­nam­bahan di tahun 2015,” ulas­nya.

Dari hasil inventarisasi sementara, jumlah aset kabu­paten/ kota yang akan be­ralih kewenangannya ke pro­vinsi, lebih kurang men­ca­pai Rp1,8 triliun. Sementara kondisi aset Pemprov Sum­bar saat ini sebesar Rp8,9 triliun. Pendataan aset ini dalam rangka amanat UU No. 23 tahun 2014, tentang peralihan urusan dari ka­bupaten/ kota ke provinsi.

Dari hasil verifikasi di la­pangan, ada beberapa kabu­paten/ kota yang  data aset­nya tidak cocok dengan jumlah atau bukti fisik yang ada. Misalnya dalam pen­catatan ada 10 meja, namun bukti fisik yang ada hanya lima. “Makanya dilakukan validasi, karena bisa saja jumlah yang tidak bertemu itu ada di gudang, mungkin karena rusak atau disalurkan lembaga lain,” ujarnya. (h/rin)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 12 Februari 2020 - 20:27:02 WIB

    Tahun 2019, SHU Koperasi PNS Pemko Padang Capai Rp1,8 Miliar

    Tahun 2019, SHU Koperasi PNS Pemko Padang Capai Rp1,8 Miliar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Pemerintah Kota Padang menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2019. Ketua KPN Pemko Padang Asnel mengatakan, agenda utama dalam RAT tersebut adalah meminta d.
  • Senin, 02 November 2015 - 19:25:18 WIB

    UMP Sumbar 2016 Rp1,8 Juta

    UMP Sumbar tahun 2016 sebesar Rp1,8 juta lebih, naik 11,5 persen dibanding tahun lalu. Apindo menilai ada kesalahan dalam penetapan UMP ini.

    PADANG, HALUAN – Pem­­pov Sumbar mene­tap­kan Upah.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]