Sumbar Berpotensi Jadi Lumbung PLTMH


Jumat, 23 September 2016 - 03:21:48 WIB

PADANG, HALUAN — Senior Invesment Manager Berkeley Energy, Joost Van Acht mengatakan, Sumbar memiliki potensi besar dalam membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH). Untuk pertama kalinya, Berkeley Energy akan menanamkan modalnya senilai 12,5 juta US Dollar.

Ini merupakan proyek pertama Berkeley Energy di Indonesia. Untuk pe­ngem­bangan ke depan, Berkeley Energy akan bekerja sama dengan PT. Selo Kencana Energi. Menurutnya, potensi besar untuk membangun PLTMH, melihat dari masih sedikitnya jumlah PLTMH yang ada, dibandingkan dengan manfaat yang diha­silkan.

“Ke depan kita berharap juga bisa bekerja sama de­ngan Perusahaan Listrik Negara (PLN), serta pem­bangkit lokal untuk proyek masa depan. Untuk saat ini dalam proyek pertama de­ngan PT. Selo Kencana Ener­gi, menargetkan 200 MW yang tersebar di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Direktur PT. Selo Ken­cana Energi Eddy Sutedjo me­ngatakan, Sumbar dinilai para investor memiliki po­tensi yang besar untuk dija­dikan lumbung PLTMH di kawasan Sumatera. Hal ini melihat kepada letak geo­grafis daerah tersebut. PT. Selo Kencana Energi untuk pengembangan projek PLTMH khusus Su­matera, memilih daerah Sum­bar dan Sumatra Utara (Su­mut) sebagai target proyek.

Alasannya memilih Sum­bar, karena memiliki potensi yang bagus melihat masih ada beberapa daerah yang belum terjamah oleh listrik secara penuh. Oleh sebab itu, lebih kurang dua tahun bela­kangan PT. Selo Ken­cana Energi telah mem­ba­ngun proyek untuk pa­sokan listrik yang dirasakan ma­sya­ra­kat Lubuk Gadang saat ini.

“Manfaat listrik di Lu­buk Gadang yang kita ba­ngun sangat terasa oleh masyarakat. Terlihat dari perubahan yang signifikan dalam perekonomian dan kehidupan masyarakat. Dari listrik yang jam-jaman dan voltase naik turun, kini telah stabil. Jika ada pemadam mereka langsung hubungi pihak kami, masyarakat sa­ngat an­tusias dengan adanya listrik,” ujarnya usai seminar sukses membangun dan me­nge­lola PLTMH, di Audi­o­torium Gubernuran, Kamis (22/9).

Selain itu, Eddy me­nga­kui kendala belum banyak investor yang ingin berin­vestasi disebabkan belum adanya kematangan para investor dalam mengem­bang­kan proyek. “Karena ingin proyek cepat selesai, sehingga terlantar yang ber­dampak proyek berhenti di tengah jalan. Oleh sebab itu, perlu kematangan dari pe­ren­ca­naan awal,” ungkapnya.

Terkait pembebasan la­han yang sering menjadi polemik di daerah dalam pe­ngem­bangan suatu proyek, ia me­nyarankan sebaiknya ter­lebih dahulu menerapkan so­sia­lisasi kepada ma­sya­rakat dan membeberkan man­faat dari proyek tersebut. “Masyarakat harus diberikan pemahaman, sehingga me­reka tidak merasa dirugikan dalam bentuk apa­pun,” tuturnya. (h/rin)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 20:04:25 WIB

    Amankan Pilkada Serentak 2020, Polda Sumbar Siagakan 6.961 Personel

    Amankan Pilkada Serentak 2020, Polda Sumbar Siagakan 6.961 Personel HARIANHALUAN.COM - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto menyatakan, sebanyak 6.961 personel Polda Sumbar telah di siapkan dalam mengamankan Pilkada serentak tahun 2020. .
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 20:01:02 WIB

    Wah, Kapolda Sumbar dan Jajaran Latihan Menembak

    Wah, Kapolda Sumbar dan Jajaran Latihan Menembak HARIANHALUAN.COM - Untuk meningkatkan kemampuan dalam menggunakan senjata api, Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto beserta pejabat utama mengadakan latihan menembak. Latihan ini dilakukan di lapangan tembak Satbrimob Polda.
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 13:33:55 WIB

    795 Sampel Diperiksa, Sumbar Laporkan Nihil Kasus Positif Covid-19

    795 Sampel Diperiksa, Sumbar Laporkan Nihil Kasus Positif Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Dari 795 spesimen yang diperiksa oleh Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand dan Laboratorium Baso Agam sampai Rabu (8/7/2020) pagi, tidak ada penambahan kasus positif Covid-19 atau nihil kasus di Sumbar..
  • Selasa, 07 Juli 2020 - 17:55:25 WIB

    Salat Idul Adha Tetap Digelar di Sumbar, Wagub: Jika Flu dan Batuk Jangan Ikut

    Salat Idul Adha Tetap Digelar di Sumbar, Wagub: Jika Flu dan Batuk Jangan Ikut HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) sepakat laksanakan Sholat Idul Adha 1441 H di tengah pandemi. Pelaksanaan Salat Idul Adha bertempat di halaman kantor Gubern.
  • Selasa, 07 Juli 2020 - 17:44:23 WIB

    Mantap, 10 Pasien Covid-19 Sumbar Dinyatakan Sembuh Hari Ini

    Mantap, 10 Pasien Covid-19 Sumbar Dinyatakan Sembuh Hari Ini HARIANHALUAN.COM - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rasyidin Padang kembali mencatatkan kasus kesembuhan terbanyak pasien Covid-19 hingga Selasa (7/7/2020) berdasarkan update data pukul 15.00 WIB di Sumbar. "Hari ini RSUD Rasyi.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]