Ketua PPATK : Irman Gusman Orang Baik


Jumat, 23 September 2016 - 03:35:27 WIB
Ketua PPATK : Irman Gusman Orang Baik Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Muhammad Yusuf

JAKARTA, HALUAN — Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Muhammad Yusuf mengaku, pihaknya belum pernah menelusuri aliran dana terkait mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman.

“Selama ini kami ang­gap dia baik. Jadi enggak ada ditelusuri aliran dana­nya,” ujar Yusuf di Kompleks Parlemen, Senayan, Ja­karta, Kamis (22/9).

Selain itu, Yusuf me­ngaku belum mendapatkan permintaan dari pihak KPK untuk menelusuri aliran dana terkait Irman. Meski begitu, koordinasi PPATK dan KPK terkait hal ter­sebut sudah dilakukan. Ia me­nambahkan, untuk kasus operasi tangkap tangan biasanya penelu­suran akan berkembang.

“Biasanya KPK minta tentang aliran dana dari perusahaan itu. Pada siapa saja, kan terbaca. Kami masih menunggu KPK,” ujarnya.

KPK menangkap Irman ber­sama Direktur CV Semesta Berjaya Xaveriandy Sutanto, istri Xaveriandy, yaitu Memi, dan adik Xaveriandy, yaitu Willy Sutanto.

Penyidik KPK juga menga­mankan uang Rp 100 juta yang dibungkus plastik berwarna pu­tih. Uang tersebut diduga meru­pakan suap dari Xaveriandy kepa­da Irman untuk pengurusan kuota gula impor yang diberikan Bulog.

Berdasarkan gelar perkara yang dilakukan pimpinan KPK dan penyidik, Irman, Xaveriandy, dan Memi ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara suap ini.

(baca: Pengacara Anggap Uang Rp 100 Juta Bukan “Kelas” Irman Gusman)

Awalnya, KPK menangani perkara lain milik Xaveriandy, yaitu penangkapan 30 ton gula pasir tanpa label Standar Nasional Indonesia (SNI) yang tengah berjalan di Pengadilan Negeri Padang. Dalam perkara tersebut, KPK pun menetapkan Xave­riandy sebagai tersangka karena diduga memberi suap Rp 365 juta kepada Farizal. (h/ald)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 15:08:20 WIB

    Wakil Ketua MPR: RUU HIP Usulan Fraksi PDIP

    Wakil Ketua MPR: RUU HIP Usulan Fraksi PDIP HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Arsul Sani, menyatakan inisiator RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) adalah Fraksi PDI Perjuangan. Hal ini disampaikan Arsul dalam diskusi Dua Sisi di tvOne denga.
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 00:01:48 WIB

    Ketua Pemuda Pancasila Tolak RUU HIP

    Ketua Pemuda Pancasila Tolak RUU HIP HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila, Japto Soelistyo Soerjosoemarno menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP). Japto juga meminta pecabutan RUU tersebut..
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 18:40:48 WIB

    Gegara Naik Helikopter, Dewas Akan Panggil Ketua KPK untuk Klarifikasi

    Gegara Naik Helikopter, Dewas Akan Panggil Ketua KPK untuk Klarifikasi HARIANHALUAN.COM - Dewan Pengawas (Dewas) KPK mengatakan telah menerima laporan dari Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) terkait dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan Ketua KPK Firli Bahuri karena naik helikopter .
  • Rabu, 24 Juni 2020 - 13:40:41 WIB

    Ketua KPK Terbang Pakai Helikopter Mewah, MAKI Surati Dewas KPK

    Ketua KPK Terbang Pakai Helikopter Mewah, MAKI Surati Dewas KPK HARIANHALUAN.COM  - Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) kembali mengadukan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri ke Dewan Pengawas KPK terkait dengan penggunaan helikopter mewah saat perjalanan dari Pale.
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 22:24:47 WIB

    Wakil Ketua KPK Sebut Nazaruddin adalah Whistleblower

    Wakil Ketua KPK Sebut Nazaruddin adalah Whistleblower HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengatakan, M Nazaruddin tidak pernah diberikan status justice collaborator. Namun, mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu adalah sebagai .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]