PILKADA KOTA PAYAKUMBUH 2017-2022

Wendra-Ennaidi Mendaftar ke KPU


Jumat, 23 September 2016 - 03:36:17 WIB
Wendra-Ennaidi Mendaftar ke KPU PASANGAN jalur perseorangan Wendra-Ennaidi diantar ribuan simpatisan termasuk kader PAN Kota Payakumbuh mendaftar ke KPU sebagai balon Walikota-Wakil Walikota Payakumbuh 2017-2022. (DADANG)

 PAYAKUMBUH, HALUAN — Pasangan bakal calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh 2017-2022 dari jalur perseorangan, Wendra Yunaldi-Ennaidi Dt Angguang, Kamis (22/9) pukul 14.00 WIB, mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh. Pasangan ni telah dinyatakan lolos verifikasi faktual dan mengantongi lebih 10 ribu dukungan dari 8.674 dukungan yang disyaratkan KPU.

Sebelum ke KPU, pasangan tersebut berkum­pul bersama ratusan pendukung di kawasan pemandian Kolam Sahati, Kelurahan Ibuh yang sekaligus posko Wendra-Ennaidi.

“Kita sempat melakukan konvoi seputar Kota Payakumbuh dalam mengenalkan pasangan ini ke masyarakat,” terang Bambang Safari tim Wendra-Ennaidi di KPU Kota Payakumbuh.

Konvoi tersebut diikuti puluhan mobil dan ratusan sepeda motor. Massa yang berjumlah ribuan itu langsung ke kantor KPU dan disambut Ketua KPU Kota Payakumbuh.

“Ada 1.200 massa pendukung mengantarkan Wendra-Ennaidi ke KPU. Massa ini merupakan un­sur masyarakat dari Niniak ma­mak, Bundo Kanduang, tokoh masyarakat serta simpatisan lain­nya dari 5 kecamatan se Kota Payakumbuh,”ucap mantan tim pemenangan pasangan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan itu.

Calon Walikota Payakumbuh Wendra Yunaldi terharu dan tidak menyangka bakal diantar ribuan pendukungnya. “Dengan men­daftar ke KPU ini, kita harap Pilkada Payakumbuh mendapat­kan pemimpin untuk kemajuan Kota Payakumbuh ke depan,” terang Wendra.

Berkas pencalonan pasangan Wendra-Ennaidi diterima Ketua KPU Payakumbuh Hetta Mam­bayu. Usai mendaftar, pasangan tersebut membubarkan diri. Petu­gas Polres Payakumbuh juga turut mengawal proses pendaftaran tersebut. Untuk maju Pilkada, pasangan tersebut sudah me­ngantongi 10.300 dukungan. Sedangkan syarat pendaftaran minimal pasa­ngan harus memiliki 8.674 du­kungan.

Meski maju dari jalur perseo­rangan tetapi pasangan tersebut malah turut diantar oleh beberapa kader PAN Payakumbuh. Bahkan, kader dari partai berlambang matahari terbit itu, memakai atribut PAN seperti jas.

Sementara Ketua KPU Paya­kumbuh, Hetta Mambayu menga­takan, di hari kedua baru satu pasangan calon yang mendaftar. “Pendaftaran ditutup sampai Jumat (hari ini, ed) tengah malam pukul 00.00 WIB. Hari ini baru satu pasangan calon yang men­daftar,” terang Hetta Mambayu.

Pasangan Wendra Yunaldi-Ennaidi merupakan kolaborasi pasangan antara Koto Nan Am­pek- Payakumbuh Utara.

Informasi yang diperoleh Haluan di kantor KPU Payakum­buh, di hari ketiga atau hari terakhir pendaftaran pasangan calon pada Jumat (23/9) ini, rencananya akan ada dua pasa­ngan calon yang mendaftar. Yakni pasangan Riza Falepi-Erwin Yu­nas yang diusung PKS-PBB.

 ”Sebelum ke KPU, kita akan deklarasi terlebih dahulu,” ujar Syafrizal Sekretaris DPC PBB Kota Payakumbuh.

Siangnya, giliran pasangan Suwandel Mukhtar-Fitrial Bachri yang menyusul mendaftar. Pasa­ngan ini diusung Partai Golkar, Demokrat, Gerindra  dan PDIP.

“Sekarang petinggi dari koa­lisi Golkar, Demokrat, PDIP dan Gerindra masih di Jakarta. Jumat siang (hari ini, red) kita mendaftar ke KPU,” terang Khairul Kayo petinggi Partai Golkar Kota Paya­kumbuh serta Efarizon Bahar kader Partai Demokrat.

Hal senada juga dikatakan Hetta Mambayu. Dikatakan, su­dah ada tiga pasangan calon yang berkomunikasi dengan KPU un­tuk mendaftar Jumat ini. Dua dari pasangan melalui koalisi partai politik dan satu dari pasangan perorangan.

Meski demikian, kondisi ter­ki­ni masih ada empat partai politik yang belum ada kejela­sannya dalam menuju Pilkada.  Termasuk untuk berkoalisi atau­pun dalam pengusungan pas­angan calon, seperti PAN, PPP, Nasdem dan Hanura. Siapa balon yang akan diusung partai-partai ini, hingga berita ini diturunkan belum ada kepastiannya.

Untuk menyemarakkan sua­sana Pilkada, KPU Payakumbuh juga menghiasai kantornya sede­mikian rupa. Tirai yang biasanya dipasang pada kegiatan kenduri, turut dipasang menutupi bagian depan kantor KPU. Pentas leng­kap dengan  organ tunggal dan tenda turut membuat suasana di kantor KPU Payakumbuh ibarat sedang menggelar pesta kenduri (Baralek).

“Dekorasi kantor KPU seperti sedang  kenduri dan ibarat kita sedang pesta. Ini menandakan kita sedang pesta besar. Bukan pesta kenduri melainkan pesta demokrasi menuju Pilkada Paya­kumbuh,” ucap Muhammad Khadafi salah seorang komisioner KPU Payakumbuh.(h/ddg)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]