Menpora Imam Nahrawi di Kantor Harian Haluan: Hidupkan Semangat Olahraga dari Desa


Jumat, 23 September 2016 - 03:41:31 WIB
Menpora Imam Nahrawi di Kantor Harian Haluan: Hidupkan Semangat Olahraga dari Desa Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Kamis (22/9) berkunjung ke Kantor Redaksi Harian Haluan di Kompleks Bandara Tabing Padang. Menpora didampingi Rektor UNP Prof. Ganefri, Ketua PKB Sumbar Febby Dt Banso, Wakil Bupati LImapuluh Kota Ferizal Ridwan, Ketua Komisi Informasi Syamsu Rizal, Kadinas Pemuda dan Olahraga Pemprov Sumbar Priyadi Syukur. (HUDA)

PADANG, HALUAN — Men­teri Pemuda dan Olah­raga (Menpora) Imam Nah­rawi berharap agar Harian Haluan dapat mendorong perkembangan olahraga dari Sumbar. Dengan memas­yarakatkan olahraga dari desa akan dapat menye­lamatkan generasi muda dari bahaya narkoba.

“Kalau kita bisa mem­buat pemuda itu ‘capek’ dengan olahraga mereka tidak akan lagi melakukan perbuatan menyimpang se­perti menggunakan narkoba. Karena mereka sudah capek dengan olahraga, setelah capek mereka akan langsung tidur,”kata Menpora dalam kunjungannya ke Haluan, Kamis (22/9).

Ke depan lanjutnya, in­dustri olahraga tidak lagi hanya dinikmati oleh pro­fessional semata, akan tetapi industri olahraga akan dapat dinikmati semenjak usia dini.

“Dan ini telah kami coba dengan membuat liga sepak bola, dimana ada yang me­mang mempertandingkan semua usia, mulai dari U-14, 15. 17, 18,U-19, dan maha­siswa. Bahkan kami meng­hidupkan liga santri. Ini menumbuhkan rasa percaya diri anak usia dini. Ini akan menjadi industri yang sehat nantinya.”terang Menpora di depan Pemimpin Umum Harian Haluan, Zul Effendi, Pemimpin Perusahaan (PP) Harian Haluan, David Ramadian, Pemimpin Re­daksi Harian Haluan, Ismet Fa­nany MD, dan Redaktur Pelaksana (Redpel) Harian Haluan, Almu­dazir di ruang pertemuan Haluan.

Menpora juga meminta agar jangan ada lagi stadion yang makrak karena tidak ada iven profesional yang besar. Seperti di Riau misalnya, sehabis perhelatan PON tidak ada lagi iven besar yang diadakan di sana, sehingga tidak ada investasi yang masuk.

“Ke depan tentu diminta do­ro­ngan dari pemerintah daerah, kampus, media dan juga masya­rakat untuk menggelorakan kem­bali semangat ini. Nanti tidak hanya liga sepak bola ISL seperti sekarang, tetapi mendorong liga antar kampung asal itu dikelola dengan baik,” tukasnya.

Dilanjutkan Imam, bahwa saat ini pihaknya tengah mendorong semua cabang olahraga untuk tidak lagi terpaku kepada angga­ran dari pemerintah pusat. Karena dengan kondisi penganggaran saat ini yang terbatas, semua cabang olahraga diminta mencari pemasukan tersendiri.

“Anggaran kita di Kemenpora hanya Rp2,9 triliun. Namun, de­ngan pemotongan anggaran sebesar Rp1 triliun hanya tinggal Rp1,9 triliun saja. Rp1,1 triliun untuk olahraga baik prestasi mau­pun kebudayaan, selebihnya biaya rutin. Dan dibagi untuk semua cabang olahraga,” terangnya.

Sementara itu terkait dengan narkoba kata Imam, Kemenpora hanya bersifat persuasif saja dalam pencegahan narkoba, na­mun untuk tindakan hukum itu langsung Badan Narkotika Nasio­nal (BNN) yang bekerjasama dengan aparat hukum.

“Sehingga memang diharap­kan bantuan semua elemen masya­rakat untuk mengontrol pere­daran narkoba di masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, kenapa banyak pemuda yang malah lari ke narko­ba, lebih disebabkan banyaknya waktu pasif yang dimiliki pemuda hanya untuk bermain gadget, dan menonton Televisi. “Sehingga waktu yang seharusnya mereka gunakan untuk berolahraga ma­lah digunakan hanya untuk hal seperti itu,” tukasnya.

Dikatakannya, 16 lembaga kementerian yang ada di Indo­nesia itu berhubungan dengan pemuda. Sehingga tugas Kemenpora ke depan akan sangat berat. “Ada pemuda yang menjadi begal, yang ditanya malah Men­po­ranya. Tapi mau bagaimana lagi, sudah nasib,”tukasnya sem­bari tersenyum.

PU Harian Haluan, Zul Effen­di, mengatakan Haluan sebenar­nya telah lama memulai pe­ngembangan olahraga dari desa tersebut. Bahkan, Haluan telah sukses menggelar turnemen Fut­sal Haluan Cup I dengan peserta tim futsal dari Universitas yang ada di Sumbar.

Bahkan saat ini tengah dipersiapkan turnamen Futsal Haluan CUP II yang nantinya akan kembali mempertemukan tim futsal dari seluruh Universitas di Sumbar.

“Kami telah memulainya Pak. Ini berkat dukungan dari Prof. Ganefri juga dan seluruh pihak lah dalam menyukseskan turnamen ini. Bahkan dalam perencanaan kami, akan menggelar turnamen ini tidak hanya tingkat Universitas akan tetapi ke level na­sional. Tentu diharapkan duku­ngan dari Pak Menteri juga,” ujarnya. (h/isr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 22 September 2016 - 04:39:14 WIB

    Hari Ini, Menpora Beri Kuliah Umum di UNP

    Hari Ini, Menpora Beri Kuliah Umum di UNP PADANG, HALUAN—Di sela kesibukan penye­lenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyempatkan diri memberi kuliah umum dalam memperingati Dies Natalis Universitas Negeri P.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]